Air Terjun Silaklak yang Indah dan Asri, Butuh Penataan

Zatam/New Tapanuli
Air terjun Silaklak dengan latar belakang jalan setapak menuju wisata alam tersebut.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPTENG – Air terjun Silaklak yang berada di Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), merupakan salah satu destinasi wisata yang begitu indah dan asri. Jika dipandang dari bawah, air terjun berketinggian 25 meter ini terlihat seperti dua tingkat.

Menuju ke lokasi wisata air terjun Silaklak dari Kota Sibolga hanya memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan dengan menaiki kenderaan roda dua. Namun akses jalan yang belum memadai. Satu kilometer sebelum sampai di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki menapaki satu demi satu anak-anak tangga yang ada di lereng bukit.

Air terjun Silaklak dulunya menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata alam di Tapanuli Tengah. Setiap hari, air terjun Silaklak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Namun kini, air terjun paling indah dan asri ini telah ditinggal pengunjungnya. Akses jalan yang sangat menyulitkan, disebut-sebut menjadi biang keengganan wisatawan berkunjung.

Hal ini dibenarkan Rudi Siregar (34), warga setempat. Kepada awak media Rudi mengatakan, jalan ke lokasi air terjun Silaklak yang kondisinya sangat memprihatinkan menjadi penyebab tidak adanya lagi wisatawan yang berkunjung.

“Jalannya becek dan licin, ditambah lagi rusak-rusak. Bagaimana orang mau ke sana,” ujar Rudi, Sabtu (26/5/18).

Dikatakan, saat ini pengunjung yang berdatangan tidak seramai dulu. Kondisi jalan yang sangat parah menjadi keluhan utama. Ia bersama masyarakat sekitar telah berniat akan mengusulkan kepada pemerintah stempat, agar jalan ke lokasi wisata air terjun Silaklak bisa diperbaiki.

“Kami sudah berniat akan membuat proposal untuk pemerintah. Kiranya apa yang kami minta nantinya bisa dikabulkan,” pungkasnya. (ztm/nt)

Loading...