Tak Lengkap Liburan Tanpa Mandi Air Soda

Bagikan:
Pengunjung tampak riang menikmati pemandian air soda di Desa Parbubu I yang berjarak 3 kilometer dari pusat Kecamatan KotaTarutung, Tapanuli Utara.

NewTapanuli.com, TAPANULI UTARA – Selain bersilaturahmi dengan keluarga, libur awal Tahun Baru 2018 juga dimanfaatkan sebagian warga untuk berlibur ke tempat wisata. Di Tarutung ada pemandian air soda yang juga ramai dikunjungi, yaitu Pemandian Aek Rara.

Pemandian Aek Rara (Air Soda) berada di Desa Parbubu I yang berjarak 3 kilometer dari pusat Kecamatan KotaTarutung, Tapanuli Utara. Tak hanya dikunjungi warga lokal tapi juga luar daerah bahkan dari Jakarta yang masih menikmati liburan suasana Tahun Baru.

Mata Air Soda hanya ada di Indonesia dan negara Venezuela yang mengeluarkan buih-buih yang muncul dari dasar kolam.
Amatan di lokasi pemandian para pengunjung tampak ceria menikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang bermain air di kolam yang berbentuk lingkaran tersebut.

”Rasanya benar-benar seperti soda yang kita minum. Kemudian badan jadi hangat serta ringan kalau kena air soda,” ucap Marince boru Nainggolan bersama anaknya Iwan Lumbantobing pengunjung dari Jakarta, Jumat (5/1).

Sambil berenang, pengunjung juga bisa merasakan udara yang segar dan pemandangan. Lokasi pemandian berbatasan langsung dengan areal persawahan warga yang terhampar luas dan perbukitan yang mengelilingi kota Tarutung.

Menurut catatatan sejarah dari pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, kolam air soda ini kali pertama ditemukan oleh O Tobing Sihite. Dia adalah seorang bidang yang kebetulan sedang mencangkul tanah waktu itu. Tanpa disengaja, tanah yang ia cangkul tersebut menyemburkan air dari dalam.

Menariknya, air yang keluar tersebut tidak seperti air tawar kebanyakan. Sebaliknya, air tersebut punya aroma yang mirip dengan soda. Dari situ, air soda alami tersebut lantas dialirkan ke sebuah kolam yang kini dijadikan tempat pemandian soda alami di Tapanuli Utara. (as/rah)

Bagikan:
Loading...