Belanda Vs Jerman: Mencari Jati Diri

Bagikan:

NewTapanuli.com – Pertarungan sengit akan tersaji di matchday kedua UEFA Nations League A Grup 1 yang mempertemukan antara Belanda menghadapi Jerman di Amsterdam Arena, Minggu (14/10) dinihari.

Belanda menelan kekalahan di laga perdana Liga Nations atas Prancis dengan skor 2-1. Itu menjadi awal yang buruk dari titah karier Ronald Koeman bersama tim Oranje.

Mereka memang masih mencari jati diri setelah terpuruk dalam beberapa tahun terakhir. Oranje gagal lolos ke Piala Dunia 2018, dan mereka tak boleh melewatkan kesempatan lolos lagi ke Piala Eropa 2020.

Namun demikian lawan yang akan mereka hadapi adalah Jerman, juara dunia 2014 ini juga sedang dalam masa transisi. Mereka gagal total di Rusia musim panas lalu, ketika hanya menjadi juru kunci grup padahal berstatus sebagai juara bertahan.

Belanda membutuhkan sosok pemimpin seperti Virgil van Dijk dalam era baru mereka menuju kejayaan. Van Dijk menjadi salah seorang pemain yang bisa mengemban tugas itu, terbukti dengan ban kapten yang melekat di lengannya. Dia tampil luar biasa bersama Liverpool, dengan membuat lini pertahanan Si Merah menjadi sangat kokoh sekarang.

Kualitas yang dimiliki Van Dijk diharapkan bisa disalurkan ke tim nasional. Van Dijk akan menjadi benteng yang sulit untuk ditembus bagi barisan penyerangan Jerman, tapi ia membutuhkan dukungan dari para rekannya.

Di sisi lain, Der Panser juga tak menang di laga pembuka ketika ditahan imbang tanpa gol oleh Prancis. Joachim Low sedang mencari formula baru untuk mengembalikan keganasan Die Mannschafft. Ujian itu harus mereka lewati dengan mengalahkan Oranje di kandangnya, sebagai langkah besar mengembalikan tren kemenangan.

Belakangan, Leroy Sane Kembali dipanggil ke skuat Jerman pasca ditanggalkan di Piala Dunia 2018. Leroy Sane butuh membuktikan dirinya memang layak mendapat tempat di skuat Low. Kontribusinya untuk Manchester City musim ini memang belum memuaskan, tetapi Sane memiliki hal lain untuk ditawarkan.

Pergerakannya yang gesit terbukti sudah merepotkan Van Dijk ketika City menahan imbang Liverpool di Anfield. Ini akan menjadi pertarungan menarik antara Sane dan Van Dijk.

Dalam sejarah pertemuan keduanya, Jerman tak terkalahkan dalam enam laga menghadapi Belanda. Mereka mengoleksi tiga kemenangan dan tiga seri. Namun ini akan menjadi pertemuan kompetitif pertama mereka sejak 2012 silam, ketika itu laga berujung imbang tanpa gol. (sbc/int)

Prakiraan Pemain

Belanda (4-3-3):
Jasper Cillessen; Daley Blind, Virgil van Dijk, Matthijs de Light, Tete; Siem De Jong, Georginio Wijnaldum, Davy Propper; Ryan Babel, Memphis Depay, Quincy Promes.

Jerman (4-2-3-1):
Manuel Neuer; Jonas Hector, Mats Hummels, Jerome Boateng, Joshua Kimmich; Sebastian Rudy, Toni Kroos; Leroy Sane, Julian Draxler, Thomas Muller.

Bagikan:
Loading...