AS Roma vs Liverpool, Butuh Keajaiban

Edin Dzeko dan Mohamed Salah
LINE it!

NewTapanuli.com – AS Roma butuh satu gol lawan Shakhtar Donetsk, mereka mendapatkannya. Roma butuh tiga gol lawan Barcelona, mereka juga mendapatkannya. Kali ini melawan Liverpool, mampukah Giallorossi kembali melakukannya?

AS Roma akan menjamu Liverpool di Stadio Olimpico pada leg kedua babak semifinal Liga Champions 2017/18, Kamis (3/5). Roma perlu menciptakan keajaiban lagi jika ingin lolos ke final. Roma kalah telak di Anfield pada leg pertama. Pasukan Eusebio Di Francesco tumbang 2-5.

Mohamed Salah menjadi aktor utama kemenangan Liverpool atas mantan klubnya. Dua gol dan dua assist dia ciptakan. Salah membawa Liverpool unggul 2-0 pada menit 35 dan 45. Dua gol Salah itu semuanya lahir dari assist Roberto Firmino. Salah lalu merancang dua assist untuk gol-gol Sadio Mane menit 56 dan Firmino menit 61. Firmino kemudian mencetak gol keduanya dalam laga ini memanfaatkan assist James Milner di menit 68.

Tertinggal 0-5, Roma tak menyerah. Roma mendapatkan dua gol tandang setelah Edin Dzeko menuntaskan assist Radja Nainggolan di menit 81 dan Diego Perotti sukses memaksimalkan hadiah penalti yang diberikan di menit 85. Dua gol tandang itulah yang membuat harapan Roma tetap terjaga.

Di babak 16 besar, Roma kalah 1-2 dalam laga tandang leg pertama melawan Shakhtar. Satu gol yang dicetak Cengiz Under di Ukraina menjadi modal bagi Roma, yang kemudian menang 1-0 lewat gol tunggal Dzeko di Olimpico. Roma lolos dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 2-2.

Melawan Barcelona di perempat final juga sama. Roma kalah 1-4 di Camp Nou pada leg pertama dan dianggap sudah pasti tersingkir. Namun satu gol tandang dari Dzeko kembali jadi salah satu kunci. Roma menang 3-0 lewat gol-gol Dzeko, Daniele De Rossi (penalti) dan Kostas Manolas di Olimpico untuk menyingkirkan Barcelona dengan keunggulan gol tandang dalam agregat 4-4.

Roma adalah satu-satunya tim yang selalu lolos di fase knockout Liga Champions musim ini setelah kalah tandang leg pertama. Roma juga belum kebobolan satu golpun dalam lima laga kandang mereka di Liga Champions musim ini (0-0 vs Atletico Madrid, 3-0 vs Chelsea, 1-0 vs Qarabag, 1-0 vs Shakhtar Donetsk, 3-0 vs Barcelona).

Andai di Anfield mereka kalah 0-5, Roma mungkin sudah pasrah. Namun dengan 2-5, Roma pasti siap berjuang habis-habisan di hadapan para tifosi mereka.

Namun Liverpool juga cukup percaya diri kalau mereka takkan bernasib sama seperti Barcelona. Pasukan Jurgen Klopp sudah tahu apa yang mampu dilakukan oleh Roma di Olimpico dalam situasi seperti sekarang.

Liverpool sendiri adalah tim yang mampu menjaga keunggulan dari leg pertama untuk terus melangkah ke depan. Di babak 16 besar, Liverpool menang 5-0 di kandang Porto dan lolos dengan 0-0 di Anfield pada leg kedua.

Di perempat final, Liverpool memukul Manchester City 3-0 di Anfield dan 2-1 di Etihad Stadium. The Reds sudah meghajar Roma 5-2, mampukah mereka mempertahankannya?

Prakiraan Pemain
AS Roma (4-3-3):
Alisson; Kolarov, Manolas, Fazio, Florenzi; Nainggolan, De Rossi, Strootmann; Perotti, Dzeko, Cengiz Under.
Info skuat: Rick Karsdorp (cedera), Gregoire Defrel (cedera).

Liverpool (4-3-3):
Karius; Robertson, Van Dijk, Lovren, Alexander-Arnold; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.
Info skuat: Adam Lallana (cedera), Joel Matip (cedera), Emre Can (cedera), Alex Oxlade-Chamberlain (cedera).

Loading...