Depresi Pada Perempuan Akibat Beban Ganda

Bagikan:
Ilustrasi

NewTapanuli.com – Penyebab terbanyak depresi pada perempuan adalah karena menanggung beban ganda. Yaitu tanggung jawab di rumah dan pada pekerjaan.

Psikolog Astrid Wiratna mengatakan dalam kondisi stress, hormon adrenalin dalam tubuh seseorang meningkat, dan hormon endhorpin akan menurun. Konsekuensinya, daya tahan tubuh akan menurun.

’’Jadi rentan terhadap banyak penyakit, bahkan banyak juga yang sudah datang dalam kondisi psikosomatis’’ ulasnya.

Dewasa ini, menemukan perempuan karier memang hal yang biasa. Karena itu, Astrid biasanya mengarahkan klien pada manajemen prioritas. Dimana perempuan harus memilih, lebih fokus dengan keluarga atau kariernya.

Disitu Astrid banyak menemukan kondisi dilematis. Diketahui banyak kliennya yang mempunyai penghasilan lebih besar dari sang suami.

’’Kalau mau berhenti bekerja, mereka tidak menjamin penghasilan sang suami bisa mengcover kebutuhan. Apalagi bila si perempuan masih punya orang tua atau keluarga lain yang menjadi tanggungan hidupnya,’’ imbuhnya. Namun Astrid tetap menuntun kliennya memilih prioritas tersebut.

Hanya saja yang perlu dipahami, Astrid mengharapkan laki-laki mampu berbagi peran dengan istrinya yang bekerja. Dengan kata lain, bila istri dengan kerepotan dengan hal lain.

Laki-laki harus siap membantu dengan mengurus anak, mengerjakan pekerjaan rumah tangga. ’’Nggak perlu gengsi, kalau diluar negeri laki-laki membantu pekerjaan rumah istri itu sudah biasa,’’ imbuhnya. (ina/tia/jpg)

Bagikan:
Loading...