SMK N 1 Lumban Julu Launching Technopark Berlangsung Meriah

Bagikan:
Pengguntingan pita oleh Kepala UPT Disdik Alpred Silalahi MSi didampingi Kepala SMK N 1 Drs Jasa Pembangunan Sitorus MPd.

NewTapanuli.com, TOBASA – Launching Technopark diadakan oleh SMK N 1 Lumban Julu berlangsung dengan meriah. Sebelum acara peresmian gedung Technopark dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang di wakili oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Tobasa dan Samosir Drs Alfred Silalahi MSi disambut dengan tari Tor-tor dan Paduan Suara dari siswa-siswi SMK N 1 Lumban Julu.  Acara tersebut dilaksanakan tepatnya di areal halaman SMK N 1 Lumban Julu Kecamamtan Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (25/8).

Kepala  SMK N 1 Lumban Julu Jasa Pembangunan Sitorus SPd MM dalam kata sambutannya mengatakan bahwa sebelum   Launching Technopark  kita lakukan hari ini telah kita laksanakan  workshop Business Model Canvas (BMC) kepada guru pendamping dan 5 calon start up oleh nara sumber Kang Kiki Sudiana dan Resha Akbar dari Bandung Technopark  dan acara launching tersebut  adalah sekaligus sosialisasi kepada stakeholder dan pada orang tua siswa.

“Pendirian Technopark SMK Negeri 1 Lumbanjulu ini dimaksudkan menjadi wadah untuk melatih siswa memjadi calon pengusaha (start up ).Siswa membentuk kelompok start up dan selama beberapa bulan akan diinkubasi di Technopark sehingga kelak bisa mandiri dan mampu berwirausaha di masyarakat,” ujar Jasa Pambangunan Sitorus SPd MM.

“Kami dari pihak sekolah sangat menyambut baik program dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini karena program Technopark ini akan meningkatkan keahlian siswa sehingga mampu berwirausaha artinya tidak lagi hanya pencari kerja tapi bisa membuat pekerjaan sendiri.Kami yakin bila Technopark SMK Negeri 1 Lumbanjulu ini sudah maksimal kinerjanya maka tamatan sekolah ini tidak lagi menambah pencari kerja karena mereka sudah dapat berwirausaha terlebih karena sekolah ini adalah SMK Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),” terangnya.

Selain petesmian gedung Technopark tersebut juga dilakukan launching website  yakni www.tpsmkn1lumbanjulu.com sekaligus publikasi apa saja yang dilakukan dan apa juga yang akan di lakukan. Juga dilakukan pengukuhan 5 Startup SMK N 1 Lumban Julu yang terdiri dari , startup Kuliner Mangittir, Horas Network, Kunjung Toba, Batak Multimedia dan jagung toba.

Selanjutnya Direktorat Pembina SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yunus Simangunsong ST.MT yang sengaja datang dari Jakarta juga menerangkan betapa pentingnya Technopark tersebut diadakan di SMK N 1 Lumban Julu.

“Kunci daripada Technopark adalah sederhana saja yang penting kreatif, inovatif, motivasinya tinggi. Kita bisa melihat sekitar kita saja contoh , kopi, bunga anggrek dan lainnya . Banyak lagi potensi-potensi yang kita dapatkan di Tobasa ini. Kita kesempatannya ada masih ada waktu sampai Desember harus ada,” terang Yunus Simangunsong, ST.MT.

Dalam acara launching Technopark tersebut juga dihadiri oleh Tim pendamping Technopark dari Universitas Telkom Bandung yaitu bapak Kiki Sudiana dan Resha Akbar, Mitra Bisnis Technopark SMK N 1 Lumban Julu Bapak Marandus Sirait sebagai pengelola Taman Eden 100 dan Pengusaha kuliner Andaliman, Bapak camat lumban Julu Alfaret Manurung SH, anggota DPRD  Tobasa Syamsuddin Manurung SH MSi. Ketua Komite sekolah SMK N 1 Lumban Julu Jefri Manurung, Orang Tua Murid, Sekdes Aek Natolu Jaya M. Sinaga, Guru dan staf serta darmawanita SMK N 1 Lumban Julu, serta para siswa-siswi SMK N 1 Lumban Julu. (os/osi)

Bagikan:
Loading...