Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Diresmikan

MSG
Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen Ir Nurdin Tampubolon menerima SK Izin Pendirian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dari perwakilan Kemenristekdikti Dr Ir Ridwan MSc, Sabtu (24/2).
LINE it!

NewTapanuli.com – Universitas HKBP Nommensen menorehkan sejarah baru dalam dunia pendidikan dengan melahirkan universitas yang baru di Kota Pematangsiantar. Universitas ini diharapkan menjadi salah satu wadah dalam pembentukan karakter untuk pembangunan bangsa dan negara.

Universitas yang baru ini diresmikan pada saat acara penyerahan Izin Pendirian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar di ruang Menza Kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Sabtu (24/2) pagi.

Surat Keputusan nomor 715/KPT/I/2017 tanggal 6 Desember 2017 tentang Izin Pendirian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang diserahkan Dr Ir Ridwan MSc didampingi Prof Dr Dian Armanto langsung diterima Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen Ir Nurdin Tampubolon MM bersama Ketua Dewan Pembina Pdt Dr Darwin Lumbantobing yang saat ini sebagai Ephorus HKBP.

Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof Moh Nasir PhD AK melalui Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Dr Ir Ridwan MSc pada pemaparannya mengatakan, Universitas HKBP Nommensen telah menorehkan sejarah baru. Sejarah baru yang dimaksud adalah bahwa Universitas HKBP Nommensen berhasil mendirikan universitas yang baru di Kota Pematangsiantar. “Biasanya kan dari tingkat bawah menjadi universitas, seperti dari program dipolma, akademi dan perguruan tinggi. Ini dari Univeritas membentuk sebuah universitas. Inikan suatu sejarah. Semoga saja yang di Siantar ini lebih berkembang dari pada yang di Medan,” harapnya.

Di hadapan pengurus Yayasan, Rektorat Universitas HKBP Nommensen, Ephorus dan Sekjend HKBP, Ridwan mengungkapkan bahwa ke depan sistem pendidikan tentu akan berubah dengan mengikuti kemajuan teknologi yang terus berkembang. Salah satunya yang akan berubah adalah, model pembelajaran yang tidak perlu lagi face to face.

“Jadi 40 persen face to face, dan 60 persen lagi bisa melaui teknologi. Artinya, mahasiswanya yang tinggal di Samosir tidak perlu lagi harus datang ke Siantar. Hanya waktu tertentu saja masuk ke kampus. Artinya, sistem pendidikan kita akan mengarah ke sana,” jelasnya.

Sehingga Ridwan mengharapkan, kepada pemimpin Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang akan dibentuk, harus bisa menyesuaikan program pendidikan dengan berbasis teknologi.

“Menurut penilitian Bank Dunia, ada tiga kriteria Perguruan Tinggi Swaswa yang sehat yakni; punya talent, tata kelola yang baik dan financial yang mumpuni,” ujar Ridwan.

Pada kesempatan yang sama, Kopertis Wilayah I Prof Dr Dian Armanto juga menerangkan sekilas ciri-ciri universitas yang sehat. Salah satunya ialah, memilih SDM yang mumpuni. Artinya, dalam satu universitas, 40 persen dosennya sudah bergelar doktor. Gelar dosen ini memiliki peran penting dalam penilaian akreditasi sebuah perguruan tinggi. Selain itu, universitas juga harus memaksimalkan pengabdian dan penilitian.

“Kita bersyukur, Yayasan Universitas HKBP Nommensen tetap komit mendukung peningkatakan SDM para dosennya. Setahu saya ada 41 dosen yang disekolahkan hingga S3 dan mungkin lebih. Ini sangat bagus untuk pengembangan universitas,” terangnya. Dari data yang dipaparkan Dian Armanto, di Sumatera Utara ini ada 35 perguruan tinggi swasta dan dari 35 itu, masih 3 program studi yang mendapat akreditas A.

“Jadi semua harus bekerja keras untuk mengejar akreditas yang baik. Jangan sampai ada program studi tidak ada mahasiswanya,”pesannya.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen menyerahkan cendra mata kepada Darwin dan Dian Armanto berupa ulos.

Canangkan Buka di Batam dan Riau

Ternyata Yayasan HKBP Nommensen memiliki visi yang jauh untuk mengembangkan dunia pendidikan. Selain di Siantar, Universitas HKBP Nommensen rencannya akan dibuka lagi di Batam, Riau termasuk di Jakarta.

Hal ini terungkap pada saat Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommesen Ir Nurdin Tampubolon menyampaikan kata sambutan.
Menurut Nurdin, yayasan terus berupaya melakukan terobosan dalam dunia pendidikan. “Kemarin kita sudah kita tinjau di Batam. Lokasinya sudah ada. Jadi tinggal menungu waktu saja. Masyarakat di sana sangat antusias jika Universitas HKBP dibuka. Jadi kita mohon dukungan dan suport dari Ompui Ephorus HKBP untuk menyampaikan ke seluruh ruas HKBP perihal Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar telah dibuka untuk tahun ajaran 2018/2019,” ujar Nurdin.

“Kita berharap agar prodi yang kita buka semuanya ada mahasiswanya,” terangnya.

Sementara itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyambut baik program pengurus yayasan dalam membuka universitas di daerah lainnya.

“Tentu kita sangat mendukung. Kita minta juga kepada para ruas HKBP supaya anak-anaknya kuliah di Universitas HKBP Nommensen, baik yang di Medan maupun yang baru buka di Kota Pematangsiantar,” ujarnya.

“Sebagai ungkapan rasa syukur dan dukungan, kita laksanakan ibadah raya pada Minggu (25/2) di komplek kampus Universitas HKBP Pematangsiantar. Ribuan jemaat akan hadir, bahkan dari praeses dari Kalimantan juga telah hadir. Kita minta dukungan jemaat untuk membantu finansial Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar sebagai bentuk rasa memiliki dan tanggungjawab bersama untuk mengembangan kampus kita ini,” tutupnya.

Adapun program studi program sarjana yang dibuka di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar ini adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa, Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Kewarganegaraaan (PKn), Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Prodi Fisika, Prodi Kimia, Prodi Biologi, Teknik Mesin, dan Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan.

Acara ini juga dihadiri Sekjen HKBP Pdt David Sibuea MTh Dmin, Kadep Koinonia HKBP Pdt Dr Martongo Sitinjak, Kadep Marturia HKBP Pdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan, Kadep Diakonia HKBP Pdt Debora Purada Sinaga MTh serta beberapa Praeses HKBP serta undangan lainnya. (pra)

Loading...