750 Life Jaket Diberikan kepada Pemilik Kapal

Bagikan:
Bupati Darwin Siagian dan Manager Unit Bisnis Witel Sumut bersama Fransiskus Nadeak memasangkan life jaket secara simbolis kepada pengusaha kapal, Senin (3/9).

NewTapanuli.com, TOBASA – PT Telkom Indonesia menyalurkan sebanyak 750 unit life jaket kepada pemilik kapal di wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Penyaluran dipercayakan kepada Pemkab Tobasa yang digelar seremonial di Balai Data Lantai IV Kantor Bupati Tobasa, Senin (3/9).

Manager Unit Bisnis Witel Sumut mewakili PT Telkom Indonesia Fransiskus Nadeak menyebutkan, penyaluran life jaket itu merupakan bagian dari CSR PT Telkom.

“Telkom sebagai BUMN tidak melulu hanya mengambil untung, tetapi juga bertanggung jawab untuk membangun masyarakat. Khusus mengenai CSR ini, kami dari Telkom merasa ikut terlibat. Kami merasa sangat bergembira dapat ikut berbagi. Semoga sumbangan kami berguna demi kemajuan Tobasa,” ungkapnya.

Dijelaskan, selain penyaluran life jaket, Telkom juga bersedia membantu pengusaha kapal untuk pembiayaan. Bukan hanya pengusaha kapal, tapi Telkom juga membuka kerjasama kepada UKM yang butuh modal.

“Di Witel Sumut, sudah 2500 UKM yang kerjasama dengan Telkom. Jika bapak pengusaha kapal berniat, silahkan,” ungkapnya.

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian yang hadir dalam penyerahan life jaket itu mengingatkan pengusaha kapal agar memperhatikan manifest, termasuk memastikan ketersediaan life jaket untuk seluruh penumpang.

Kejadian Sinar Bangun, itu melebihi kapasitas, penumpang dan kendaraan roda dua. Disamping itu tdk cukup pelampung. Di satu pihak pemerintah sedang bekerja keras mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional, tetapi di satu pihak banyak tantangan.

“Kita tidak akan mundur. Sekarang banyak program pemerintah mengembangkan pariwisata Danau Toba yang perlu mendapat dukungan dari semua pihak,” ungkapnya.

Untuk itulah Bupati mengingatkan pengusaha kapal di daerah itu memastikan ketersediaan life jaket untuk setiap penumpang, laik jalan kapal, dan manifest. Baik kapal penyebrangan, juga kapal wisata yang beroperasi di lokasi objek wisata.

“Cek semua mengenai keselamatan. Pergunakan bantuan life jaket ini,” ungkapnya sambari mengucapkan terimakasih atas bantuan PT Telkom.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Tobasa Ojak Samosir menyebutkan, ada sebanyak 63 unit kapal milik warga Tobasa yang beroperasi di Danau Toba.

Diantaranya 18 unit kapal diatas 7 GT dan akan diserahkan masing-masing 18 unit life jaket. Kemudian 22 unit kapal di bawah 7 GT dan akan diberikan masing-masing 10 unit. Selanjutnya 23 speedboat dan akan diberikan masing-masing 6 unit life jaket. Sisanya untuk kapal Dinas Kesehatan dan sebagai persiapan untuk kepentingan lain. (ft/rah/nt)

Bagikan:
Loading...