Desa Hutabulu Mejan Nikmati Manfaat Dana Desa

Bagikan:
Sawah terbentang luas di Desa Hutabulu Mejan. Sementara itu, sejumlah bangunan mendukung pertanian itu telah berdiri. (Freddy/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Sejak tahun 2015, warga Desa Hutabulu Mejan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sudah merasakan manfaat dana desa. Warga yang mendambakan rabat beton, irigasi, dan jalan usaha tani sudah terwujud.

Sekretaris Desa Hutajulu Mejan Masrun Simanjuntak mengaku, kondisi saat ini sudah terealisasi pembangunan irigasi sepanjang 882 meter, rabat beton penghubung antar dusun sepanjang 911 meter. Selain itu, ada bangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan beberapa ratus meter jalan usaha tani. “Anggaran pembangunan itu kami manfaatkan dari Dana Desa sejak tahun 2015 lalu hingga sekarang,” tutur Masrun yang ditemui di sela-sela acara sosialisasi Pemilu di kantor Desa Hutabulu Mejan, Selasa (5/2).

Dia mengakui bahwa Dana Desa sangat bermanfaat karena mereka beserta warga desalah yang menentukan alokasi prioritas pembangunan yang dibutuhkan. “Seperti pada tahun 2018, dengan Dana Desa Rp 639 juta ditambah ADD Rp 236 juta, telah dibangun drainase sepanjang 125 meter, irigasi 190 meter, rabat beton 180 meter dan TPT 40 meter,” bebernya.

Tahun ini sesuai RKP, kata dia, direncanakan untuk penyertaan modal BUMDes sekitar 30 persen, pembukaan jalan usaha tani di Dusun I sepanjang 300 meter dan jalan Dusun I sepanjang 200 meter. “Kemudian rencana pembangunan irigasi di Mejan sepanjang 150 meter,” terangnya.

Dia menjelaskan, selain pembangunan fisik pihaknya dari aparat desa juga telah membuka BUMDes didesa tersebut dan tahun ini direncanakan pembukaan unit BUMDes baru yang dimaksudkan untuk menampung hasil-hasil pertanian di daerah itu. “Enggak tanggung manfaat Dana Desa ini. Langsung menyentuh kepada masyarakat. Kami sudah menikmatinya. Selain untuk pembangunan fisik, kami juga sudah memanfaatkan Dana Desa untuk yang mendukung kesejahteraan masyarakat desa. Seperti BUMDes. Kami berharap Dana Desa tetap berlangsung,” katanya sembari mengutarakan bahwa pengelolaan anggaran di desa itu berjalan lancar dengan bantuan aplikasi Sikeudes. Dinmana pengelolaan hingga pelaporan sangat membantu pengelola keuangan. (ft/rb/nt)

Bagikan:
Loading...