Dianggarkan Rp10 Miliar Taman Kota Balige Akan Dibangun

Bagikan:
Lokasi taman kota yang akan segera dibangun di Kabupaten Toba Samosir, tepatnya di Taman Bona Ni Onan (eks karistek) yang berada di Kelurahan Pardede Onan Balige.

NewTapanuli.com, TOBASA – Taman kota akan segera hadir di di Kota Balige selaku ibukota Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), tepatnya di taman Bona Ni Onan (eks karistek) yang berada di Kelurahan Pardede Onan Balige. Pengerjaan taman itu akan dimulai tahun ini dengan anggaran sekitar 10 miliar rupiah.

“Kementerian PUPR telah memberikan dukungan pembangunan Taman Kota sebesar 10 miliar. Taman tersebut akan ditata menjadi suatu kawasan ruang terbuka,” jelas Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Tobasa Jonni DP Lubis, didampingi Kepala Bidang Penataan Bangunan Pandapotan Tambun, dan Alvonso Finn Manik, Selasa (15/1).

Dia menjabarkan, kawasan Taman Kota ini akan dibangun oleh Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Propinsi Sumatera Utara, Dirjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tobasa. ”Sejak awal Pemerintah Kabupaten Toba Samosir berkomitmen untuk mempercantik Kota Balige sebagai ibukota Kabupaten Tobasa. Apalagi daerah ini juga sebagai sebagai salah satu pintu masuk kunjungan wisata Danau Toba  dengan keberadaaan Bandara Silangit,” pungkas Jonni.

Selama ini, sambungnya, sulit mewujudkan penataan kawasan taman kota secara komprehensif karena keterbatasan APBD Tobasa. “Karena itu, bantuan anggaran dari Kementerian ini diharapkan dapat terealisasi dan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan taman kota Balige ini  merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Pusat untuk mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. “Pemkab Tobasa sendiri telah mempersiapkan dokumen perencanaan dan memastikan ketersediaan lahan demi kesuksesan pembangunan ini,” imbuhnya.

Ditargetkan, taman kota itu akan dilengkapi fasilitas berupa tempat pertunjukan, pusat kuliner, souvenir shop, fasilitas olahraga , dan didukung fasilitas pelengkap berupa lokasi parkir dan toilet. “Semua fasilitas di desain sesuai kebutuhan warga secara umum, sebagai alternatif pilihan destinasi wisata di Toba Samosir. Kawasan ini juga didesain dengan mempertimbangkan Pasar Balerong sebagai ikon Kota Balige yang bersejarah dan juga taman tugu DI Panjaitan. Sehingga secara umum Kota Balige akan lebih tertata,” tandasnya. (ft/rb/nt)

Bagikan:
Loading...