Gas 3 KG Langka Di Desa Simatibung dan Hutahaen

Bagikan:
Ilustrasi

NewTapanuli.com, TOBASA – Warga di dua Desa di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, tepatnya di Desa Simatibung dan Desa Hutahean mengeluhkan lahkanya tabung gas 3 kilogram.

Salah satu pemilik pangkalan di Desa Hutahean Morlan Hutahean, membenarkan kondisi tersebut dan berharap agar pemerintah menambah kuota untuk dua desa tersebut. “Sebagaimana dalam perjanjian sebelumnya kita memperoleh 600 tabung per bulan, tapi realisasi hanya 480 tabung per bulan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (16/1).

Menurutnya, pemerintah juga diharapkan melakukan pengawasan terhadap masyarakat pengguna gas 3 kg, apalagi disinyalir banyak pengusaha rumah makan yang masih menggunakan tabung 3 kilogram, bahkan secara terang-terangan. “Bisa kita lihat banyak rumah makan besar di Tobasa ini yang menggunakan tabung 3 kg. Mereka (pengusaha) bisa menghabiskan minimal 2 tabung gas 3 kg per hari,” tukasnya.

Lebih lanjut, Morlan mengatakan, pihaknya menjual gas 3 kg seharga Rp16 ribu per tabung sesuai HET.  “Kita jual disini sesuai harga HET, Rp16 ribu per tabung,” katanya.

B Hutahean salah seorang warga setempat juga membenarkan kelangkaan gas 3 kg tersebut dan kondisi ini sudah lama terjadi, namun belum ada respon dari pemerintah. “Harga per tabung Rp18 ribu, tapi sulit untuk mendapatkannya. Kami berharap pemerintah segera mengatasi kondisi ini,” tandasnya. (mag01/osi/rb/nt)

Bagikan:
Loading...