Kunjungan Wisatawan ke Tobasa Meningkat

Bagikan:
Wisatawan saat menikmati liburan ke Pantai Bulbul, Balige, Kabupaten Toba Samosir. (Rikson Sirait/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Jumlah kunjungan wisatawan ang berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengalami peningkatan. Tahun 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tobasa sekitar 700 ribu pengunjung, sedangkan pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 800 ribu pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tobasa Murphi Sitorus mengatakan, sejak ditetapkan Peraturan Presiden tentang Otorita Danau Toba, Danau Toba termasuk diantaranya ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). ”Ada empat daerah yang ditetapkan pemerintah sebagai KSPN super prioritas, yakni, Danau Toba, Mandalika, Borobudur dan Tanjung Kelayang,” katanya, Selasa, (15/1) di Balige.

Menurutnya, pemerintah pusat juga sangat memberikan perhatian serius dalam pembenahan sektor pariwisata Danau Toba, dan Pemkab Tobasa juga berbenah menguatkan sektor pariwisatanya supaya Danau Toba khususnya Tobasa menjadi tujuan utama bagi wisatawan. “Kalau kita lihat grafik jumlah wisatawan yang datang ke Tobasa mulai tahun 2016 hingga tahun 2018 terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini sudah mencapai 800 ribu lebih wisatawan datang ke Tobasa paa tahun 2018,” ungkapnya.

Dia mengatakan, lokasi wisata yang paling ramai dikunjungi hingga saat ini masih Pantai Bulbul dan Bukit Gibeon. “Seperti hari libur Natal dan Tahun Baru kemarin, tidak kurang dari tiga ribuan wisatawan setiap hari datang berkunjung kedua daerah wisata tersebut,” jelasnya.

Dengan peningkatan jumlah wisatawan tersebut, sambungnya, otomatis Pendapan Asli Daerah (PAD) dari pajak restaurant dan pajak hotel mengalami peningkatan. “Meski, PAD dari bidang objek pariwisata belum maksimal, karena Pemkab Tobasa belum menetapkan besaran pajak objek wisata,” ucapnya.

Tahun ini, sambungnya, Pemkab Tobasa juga mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk pendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Tobasa. “Artinya, Pemkab Tobasa selalu berbenah dalam sektor pariwisata,” bebernya.

Terpisah, Rita Sianipar salah seorang pengunjung Pantai Bulbul mengatakan, penataan dan pembenahan Pantai Bulbul masih perlu dilakukan, agar bisa bersaing dengan tempat-tempat wisata daerah lainnya. Selain itu, para pengelola atau pengusaha diseputaran pantai agar diberikan pembinaan oleh pemerintah, agar lebih ramah kepada wisata. “Kalau tempat wisatanya indah dan menarik, pasti wisatawan akan meningkat. Tapi, harus juga dibarengi dengan keramahan masyarakatnya dan para pengusaha dan pengelolah,” kata wanita yang mengaku sengaja berlibur ke Pantai Bulbul, meskipun dia berasal dari Jakarta. (mag01/osi/rb/nt)

Bagikan:
Loading...