Dishub Tobasa Kembali Buka Uji KIR

Bagikan:
Lokasi Uji Kir di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Tobasa di Balige akan segera dibuka kembali. (Freddy Tobing/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Setelah dua tahun ditutup, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Perhubungan kembali membuka penerimaan Uji Kir kendaraan. Dijadwalkan mulai buka sejak akhir Januari 2019.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tobasa Pargaulan Sianipar melalui Kepala Seksi Pengujian merangkap sebagai penguji Efan Rikardo Simanjuntak, mengatakan bahwa tidak dibukanya Uji Kir dengan alasan terjadinya kekosongan Tenaga teknis yang memiliki sertifikat Pengujian kendaraan Bermotor (PKB). “Namun saat ini sudah ada,” katanya di ruang kerjanya, Rabu (9/1)

Untuk itu, sambungnya, saat ini pihaknya sedang membenahi fasilitas uji yang bertempat di gedung Dinas Perhubungan di Balige, seperti alat uji rem, lampu, emisi gas buang, dan fasilitas lainnya. “Sekarang sedang pembenahan  ruangan dan fasilitas lainnya. Kita targetkan mulai menerima Uji Kir akhir bulan ini,” tuturnya.

Dia menjelaskan, uji KIR itu sangat penting mengingat di kabupaten tetangga belum membuka jasa uji KIR. “Uji KIR di Tobasa dibuka untuk umum, bukan hanya untuk kendaraan dari Kabupaten Tobasa, tetapi juga menerima kendaraan dari luar daerah,” jelasnya.

Dia berharap, dari Kir itu mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), meski hanya dalam target ratusan juta rupiah setiap tahunnya. “Akan ada retribusi resmi dari Uji KIR yang menjadi PAD. Besaran retribusi diatur dalam Perda, jadi pembayaran resmi,” tandasnya. (ft/rb/nt)

Bagikan:
Loading...