Bupati Tobasa Tak Mau Dibilang Tidur, Gini Katanya…

Bagikan:
Bupati Tobasa Darwin Siagian didampingi Waki Bupati, Hulman Sitorus menyampaikan sambutan dalam acara syukuran tahun baru, Senin (7/1/18). (FREDDY TOBING/NEW TAPANULI)

NewTapanuli.com, TOBASA – Tidak ingin disebut tidur, Bupati Tobasa Darwin Siagian memaparkan sejumlah program yang telah dan sedang berlangsung selama menjabat. Hal itu disampaikannya dalam acara syukuran tahun baru 2019 yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tobasa, Senin (7/1/18).

“Kami tidak diam, meskipun ada yang bilang kami hanya diam. Tapi menurut kami, kami tidak tidur,” ujar Darwin dalam sambutannya.

Darwin menjelaskan, bahwa belakangan ini tingkat kemiskinan di daerah itu juga mulai menurun. “Kemudian, program produksi pertanian seperti beras dan jagung meningkat. Khusus mengenai pertanian, kami meminta agar masyarakat memanfaatkan alsintan dari pemerintah,” tegas Darwin.

Tentang listrik, Darwin menjelaksan bahwa sejak tahun 2016 lalu, dari 61 dusun yang tidak masuk listrik, ada sebanyak 42 dusun yang sudah teralisir listrik hingga 2018. Kemudian soal Jalan Kabupaten, posisi di tahun 2018 jalan Kabupaten di daerah itu 63 persen kondisinya mantap.

“Mudah-mudahan tahun 2020 nanti 80 persen jalan kabupaten mantap. Kalau jalan desa, karena sudah ada dana desa. Maka kita fokus jalan Kabupaten,” katanya.

Dia juga menjelaskan pembangunan dermaga Ajibata yang saat ini sudah hampir selesai, serta Pelabuhan Balige juga akan di renovasi tahun ini.

“Dananya sudah tersedia berkisar Rp60 miliar dengan konsep pembangunan berbasis wisata. Kemudian kawasan Lumbanpea akan dibenahi dan disana akan dibangun rest area bertaraf internasional. Kemudian ada program pembangunan rest area di Lumban Julu,” bebernya.

Selain itu, sambungnya, juga akan dibangun Balai POM di Lumbanpea yang akan menangani 9 kabupaten dan tahun ini juga akan di bangun kantor Basarnas di Ajiibata.

“Sedangkan Balige Bypass sepanjang 9,7 km ditargetkan sudah rampung di tahun 2020. Jadi memang ada yang kami kerjakan, tetapi belum semua dan tentu ada yang kurang. Itu yang bisa kami kerjakan, kami tidak tidur,” tandasnya. (ft/rb/nt).

Bagikan:
Loading...