Bah! Di Tobasa 19 Dusun Belum Masuk Listrik

Bagikan:
PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero

NewTapanuli.com, TOBASA – Hingga saat ini, masih ada sebanyak 19 dusun yang dihuni sebanyak 298 Kepala Keluarga di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang belum meninkmati layanan listrik. Tahun ini, pemerintah setempat menargetkan realisasi listrik untuk 16 dusun diantaranya.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Keperasi UKM Kabupaten Tobasa, Marsarasi Simanjuntak mengatakan, kondisi banyaknya dusun yang tidak masuk listrik itu disebabkan jarak tempuh yang lumayan jauh. “Kemudian juga kondisi jalan yang tidak memadai, sehingga terkendala distribusi logistik,” kata Marsarasi, Selasa (8/1).

Begitupun, sambungnya, pemerintah tidak tinggal diam dan sudah melakukan berbagai upaya diantaranya melakukan pengusulan kepada PT PLN, juga dengan program PLTMH.
“Kita tetap berupaya dengan berbagai program, seperti pembangunan PLTMH, juga dari PT PLN,” kata Marsarasi.

Dia menjelaskan, sejak awal tahun 2016 lalu ada sebanyak 61 dusun yang belum masuk listrik didaerah itu.

“Hingga tahun 2018, Pemkab Tobasa dengan berbagai program baik melalui Kementerian SDM dan PT PLN telah berhasil merealisasikan listrik untuk 42 dusun diantaranya, 15 dusun dialiri listrik dengan PLTMH dan 27 dusun dari PT PLN. Sedang 19 dusun lainnya ditargetkan selesai hingga 2020 mendatang,” bebernya.

Sedangkan untuk tahun ini, lanjutnya, pihaknya sudah menargetkan sebanyak 16 dusun masuk listrik dan sudah ada titik terang untuk realisasinya.

“Tahun 2020 nanti, kita targetkan untuk 3 dusun lainnya, dan target kita, 2020 Tobasa terang. Mudah-mudahan semua dapat berjalan lancar, dan kami tetap berharap dukungan dari masyarakat agar program yang kita rencanakan berlangsung dengan baik,” tandasnya. (ft/rb/nt).

Bagikan:
Loading...