Warga Berlarian, Air Danau Toba Bergelombang Seperti Tsunami

Bagikan:
Warga sedang membersihkan rumah yang kena hempasan air Danau Toba. (Oloan Sirait/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, Tobasa – dI Desa Horsik, Kecamatan Ajibata, Toba Samosir, air Danau Toba yang secara tiba-tiba pasang dan menghantam tiga unit rumah, Kamis (13/12) sekira pukul 03.30 WIB. Akibat kejadian, rumah-rumah itu mengalami rusak berat.

Camat Ajibata saat dikonfirmasi membenarkan bahwa tiga unit rumah yang berada di pinggiran Danau Toba rusak dikarenakan terjangan air danau yang terjadi secara tiba-tiba.

“Peristiwa ini begitu tiba-tiba sekali. Seperti gelombang tsunami sehingga warga yang berada di pinggiran danau keluar rumah mencari tempat yang lebih tinggi sembari berteriak,” sebutnya.

Ia menjelaskan, setelah masyarakat keluar rumah dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi, dua unit rumah rusak dan satu unit rumah terbawa arus danau. Kuatnya gelombang air mengakibatkan rumah rusak beserta isinya berserak terhempas Air.

Pemilik rumah roboh itu masing-masing, Manotar Sidabalok (58), Delima Sidabalok (65) dan Mulaoskar Situmorang (70). Tidak ada korban jiwa, namun Delima Sidabalok mengalami luka ringan di bagian kepala dan pundak, akibat tertimpa material rumah. Pasca kejadian, ia dievakuasi ke Puskesmas Ajibata.

“Kita segera melakukan penanganan dini terhadap korban bencana serta bantuan tenda dari BNPB Kabupaten Toba Samosir. Kita bersama TNI/Polri beserta masyarakat setempat, membantu membersihkan runtuhan rumah,” ujar Camat Ajibata Tigor Sirait. (os/nt)

Bagikan:
Loading...