Dinas PMD Genjot Pembentukan BUMDes

Bagikan:
Kepala Dinas PMD-PPA Tabasa Hendri Silalahi.

NewTapanuli.com, TOBASA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-PPA) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berupaya menggenjot pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah itu.

Tahun 2020 mendatang, seluruh desa di daerah itu ditargetkan sudah memiliki BUMDes.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas PMD-PPA Tabasa Hendri Silalahi, dari 231 desa yang ada di Kabupaten Tobasa, saat ini hanya 56 desa diantaranya yang telah memiliki BUMDes.

“Tahun 2019, kita targetkan minimal 50 persen sudah memiliki BUMDes. Kemudian tahun berikutnya kita upayakan agar seluruh desa telah memiliki minimal 1 BUMDes setiap desa,” kata Hendri Silalahi saat diwawancarai di Kantor Bupati Tobasa di Balige, Kamis (5/12).

Mencapai target tersebut, pihaknya meningkatkan sosialisasi dan memberikan pembinaan. Mengidentifikasi potensi unit usaha yang tepat untuk dijadikan BUMDes disetiap desa, serta memberikan pendampingan kepada desa yang membutuhkan.

Dijelaskan, BUMDes merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Pembentukan BUMDes itu sendiri dengan memegang prinsip kooperatif, partisipatif, transparansi, dan mandiri. Dalam proses pembiayaannya, Dana Desa dibuka peluang untuk pembentukan BUMDes.

Tujuan dibentuknya BUMDes adalah untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai kebutuhan masyarakat, serta untuk pertumbuhan ekonomi desa. (ft/osi/nt)

Bagikan:
Loading...