Wartawan Tobasa Tuntut Keterbukaan Informasi Publik

Bagikan:
Sejumlah wartawan/i saat menggelar aksi didepan gedung DPRD Tobasa di Balige, Rabu (5/12/18). (Freddy Tobing/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Sejumlah wartawan-wartawati di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar aksi ujuk rasa (Unras) ke Kantor Bupati Tobasa, Rabu (5/12). Mereka menuntut keterbukaan informasi publik, di mana selama ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didaerah itu dianggap tertutup.

Menurut mereka dalam aksinya, selama ini OPD di lingkungan Pemkab Tobasa susah untuk dikonfirmasi dalam berbagai hal. Kemudian sulitnya mendapat informasi, meskipun informasi positif.

Mereka juga mendesak Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian segera melantik Sekda definitif. Di mana sudah hampir 3 tahun menjabat sebagai Bupati di Tobasa, hingga saat ini jabatan Sekda di daerah itu masih dijabat pejabat pelaksana tugas (Plt).

Selain itu, mereka juga meminta Bupati penegakan disiplin ASN, fungsi Baperjakat, dan efektifitas anggaran di sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Tobasa. Sayangnya, mereka tidak mendapat jawaban dari Bupati Tobasa. Menurut Plt Sekda Harapan Napitupulu SH yang menerima massa itu, Bupati sedang tugas luar.

Selain aksi di depan Kantor Bupati, mereka juga menggelar aksi di depan kantor DPRD Tobasa. Kepada DPRD disuarakan terkait pengawasan lembaga, jabatan Plt Sekda, temuan BPK dan program anggaran yang sudah dan sedang berjalan, masalah asset, dan perda perijinan.

Sayangnya, tidak satupun anggota DPRD yang menerima dan menjawab aspirasi mereka. Oleh Sekwan Resman Sirait menyebutkan bahwa sejumlah anggota DPRD sedang melakukan reses di lapangan.

Seperti diketahui, aksi unjukrasa solidaritas Wartawan itu dijadwalkan di tiga titik. Selain aksi didepan Kantor Bupati dan Kantor DPRD, dijadwalkan akan digelar aksi yang sama di Kantor Kejaksaan Negeri Tobasa. Namun rencana itu batal.

“Aksi ke Kejaksaan batal. Akan kita jadwalkan lagi tanggal 13 ini,” tutur Tambos Hutagaol selaku penanggungjawab usai aksi tersebut. (ft/osi/nt)

Bagikan:
Loading...