KP Gurgur Coba Budidaya Bawang Trisula

Bagikan:
Tampak pengelola KP Gurgur sedang merawat tanaman bawang jenis Trisula yang akan memproduksi bibit. (Freddy/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Kebun Percobaan (KP) Gurgur yang dikelola Kementerian Pertanian melalui BPTP Sumut yang berada di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mencoba budidaya bawang merah varietas Trisula. Hasilnya, tanaman tersebut tumbuh subur dan diyakini cocok dikembangkan didaerah itu.

Sebagaimana diungkapkan Kepala KP Gurgur Jintamin Saragih, bawang merah jenis Trisula ini merupakan salah satu program strategis dari Kementrian Pertanian yang telah dilakukan pengembangan melalui Balai Penelitian Pertanian Kementrian Pertanian di Jawa Barat. Percobaan yang sama juga dilakukan di KP Gurgur dan hasilnya sangat menjanjikan.

“Tahun lalu sudah kami coba, dan hasil produksinya memuaskan. Saat ini kami coba keduakalinya dan tampak pertubuhannya baik,” jelas Jintamin yang ditemui di KP Gurgur, Senin (3/12).

Dengan hasil yang memuaskan itu, pihaknya berencana mengembangkan budidaya bawang Trisula kepada masyarakat. Namun sebelumnya, pihaknya perlu melakukan penelitian ulang, sehingga tata cara pertanaman hingga perawatan benar-benar tepat, sehingga hasil produksi nanti di masyarakat tidak mengecewakan.

“Penelitian kami untuk jenis Trisula ini, jika tidak dilakukan perawatan secara tepat waktu, maka akan berdampak pada hasil produksi. Untuk itu harapan kami ketika nanti diserahkan kepada masyarakat harus diseriusi,”katanya.

Dipaparkan, saat ini KP Gurgur sedang melakukan penanaman bawang jenis Trisula dengan luas tanam sekitar 6 rante yang dimaksudkan untuk memprosuksi bibit bawang berkualitas baik. Di samping itu, kepada masyarakat yang ingin belajar tata cara budidaya Bawang, mereka siap membantu.

“Kalau ada yang berminat, akan kita bina di sini. Kemudian kita akan bantu fasilitasi bibit,” tandasnya. (ft/osi/nt)

Bagikan:
Loading...