Drainase Pasar Balige Dibenahi

Bagikan:
Tampak drainase pasar Balige yang selama ini tumpat dan bau sedang dalam pembangunan. (Freddy Tobing/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Perbaikan drainase pasar Balige yang berada di pusat kota Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mendapat apresiasi dari pedagang dan masyarakat. Selama ini, drainase yang tumpat dan bau busuk sudah sangat meresahkan pedagang juga pengunjung pasar.

Menurut beberapa pedagang, kondisi itu sudah lama terjadi. Permohonan lisan untuk perbaikan juga telah disampaikan kepada petugas pasar dan juga kepada DPRD Tobasa yang beberapa kali berkunjung ke pasar tersebut. Namun baru tahun ini terealisasi.

“Untunglah sudah dibangun. Selama ini tumpat dan mengeluarkan bau busuk. Kalau sedang hujan deras, banjir,” kata Reni br Siahaan salah satu pedagang di pasar Balige saat diwawancarai, Kamis (29/11/18).

Pihaknya berharap agar proses perbaikan drainase itu dikerjakan sebaik mungkin dengan mengutamakan kualitas. Kemudian memperhatikan kondisi di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya tumpat kembali.

“Kalau bisa bagian atas parit ditutup. Kemudian saluran masuk parit dipasangai jaring besi, sehingga tidak masuk sampah,” timpal Rahmat Samosir pengunjung pasar Balige.

Di samping itu, pihaknya juga mengimbau para pedagang agar peduli kebersihan pasar. Tidak membuang sampah sembarangan ke dalam parit.

“Hal penting mengenai kepedulian pedangan agar tidak membuang sampah ke dalam parit. Kemudian petugas kebersiahan yang aktif. Selanjutnya, harus dilakukan perawatan, seperti pengerukan timbunan material dalam parit, ibarat normalisasi,” pintanya. (ft/osi/nt)

Bagikan:
Loading...