Kembangkan Produk UKM Melalui Budaya Batak

Bagikan:
Kadis Perindagkop-UKM Tobasa, Marsarasi Simanjuntak saat mengunjungi stand UKM Taman Eden 100 di Sibisa Kabupaten Toba Samosir. (Oloan Sirait/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TOBASA – Untuk memasarkan produk-produk unggulan Usaha Kecil Menengah (UKM) , Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melibatkan seluruh elemen masyarakat dan anak rantau agar produk unggulan tersebut dapat dikenal di luar daerah hingga luar negeri.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop-UKM) Tobasa, Marsarasi Simanjuntak, Rabu (28/11/18).

Produk-produk UKM Kabupaten Tobasa dikenalkan langsung pada setiap lokasi pesta budaya batak, pesta organisasi marga batak dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menarik minat para konsumen.

Seperti halnya pada acara Pesta Raya Dasawarsa ke III Patambor Indonesia yang dilaksanakan di Kompleks Monumen Patambor Indonesia Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (24/11/18) lalu.

Ribuan orang dari berbagai wilayah Indonesia menghadiri acara tersebut sehingga tidak sedikit mendatangi stand-stand UKM yang berada di kompleks kegiatan tersebut.

“Produk UKM juga kita promosikan dalam rangka memajukan pariwisata Danau Toba di wilayah Kabupatan Tobasa. Produk unggulan UKM juga akan manjadi cendra mata bagi wisatawan yang berkunjung ke Tobasa,” terangnya.

Adapun produk UKM pada saat acara tersebut salah satunya Taman Eden 100 yang menyajikan andaliman biji kering, andalaiman bubuk botol, andaliman bubuk sachet, sasagun rasa andaliman, kacang telor rasa andaliman, keripik rasa andaliman, sambal andaliman dan martabak rasa andaliman.

Juga dengan stand produk UKM lainnya seperti Selendang motif ulos, Blangkon motif ulos, sall motif ulos dan produk lainnya kesemuanya di banderol dengan harga yang bervariasi.

B Manurung, salah satu peserta acara itu yang sudah menetap di Provinsi Kalimantan Barat mengaku sangat bangga dengan produk-produk UKM yang telah diamatinya.

“Produk UKM ini sangat unik sekali, sudah banyak saya belanjakan untuk dibawa Ke Kalimantan. Ini akan saya bagi-bagikan kepada teman-teman di sana sebagai cendra mata. Sekalian saya kenalkan produk ini di sana. Mudah-mudahan produk ini semakin dikenal di seluruh Indonesia karena mutu daripada produk UKM ini tidak kalah dari produk UKM lainnya,” akunya sambil mencicipi kerupuk rasa andaliman. (os/osi/nt)

Bagikan:
Loading...