Dubes China Ingatkan Siswa Baru IT DEL: Mar-Tuhan, Marroha, Marbisuk

Freddy Tobing/NEW TAPANULI
Duta Besar China Mr Xiao Qian menyerahkan bantuan buku dan 30 unit tablet secara simbolis kepada Rektor IT DEL Prof Ir Togar M Simatupang.
LINE it!

NewTapanuli.com, TOBASA – Institut Teknologi DEL (IT DEL) menggelar pengukuhan mahasiswa mahasiswi baru sebanyak 440 orang yang digelar di Aula SMA DEL di Sitoluama Laguboti, Kabupaten Tobasa, Jumat (7/9).

Selain menawarkan bantuan, Duta Besar China Mr Xiao Qian yang hadir dalam acara itu berpesan agar siswa baru menjadi generasi yang berkualitas dengan berpedoman pada motto IT DEL.

Saya berharap, lanjutnya, mashasiswa-mahasiswi DEL menjadi generasi masa depan yang MarTuhan (beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa), Marroha (bijak dan trampil di bidangnya), Marbisuk (berwawasan luas),” tutur Mr Xiao Qian dalam sambutannya dengan berbahasa batak.

Sebagai bentuk dukungan, dalam kesempatan itu Mr Xiao Qian berjanji akan membantu IT DEL.

“Sebagai bentuk dukungan kami kepada IT DEL, kami akan mengambil 3 langkah. Yang pertama mendorong pertukaran mahasiswa, akan menawarkan beasiswa kepada mahasiswa terbaik DEL untuk melanjutkan kuliah di Tiongkok. Kemudian, saya atas nama kedutaan besar akan menyalurkan buku untuk dan tablet untuk mendukung pengajaran sehari-hati di IT DEL,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Menko Luhut selaku pendiri dan pembina IT DEL menegaskan kepada siswa baru agar disiplin. “Modal dasar itu disiplin. Masa depan kalian tergantung kamu sendiri,” katanya.

Ia juga memberikan motivasi agar para siswa tidak berkecil hati dengan perekonomian orangtua masing-masing. “Jangan malu siapa kita. Ayah saya supir sibual buali, ibu saya tidak tamat SD. Tapi kami lahir anak-anak yang punya otak. Jadi kalian tidak perlu malu keadaan orangtuamu. Yang penting harus disiplin,” ungkapnya.

Menko Luhut juga menegaskan bahwa kondisi ekonomi Indonesia masih baik. Ia meyakini, masa-masa keemasan 10 atau 20 tahun kedepan akan tercapai, dan saat itu yang menikmati adalah di generasi muda saat ini. “Ekonomi Indonesia masih bisa bertahan dengan goncangan ekonomi dunia saat ini, karena Presidennya enggak korupsi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dibawah kepemimpinan Rektor IT DEL Prof Ir Togar M Simatupang MTech PhD, dari 440 mahasiswa-mahasiswi IT DEL yang dikukuhkan, ada sebanyak 150 orang putra-putri asal Kabupaten Tobasa di dalamnya. (ft/rah/nt)

Loading...