Musim Badai, Waspada Berlayar di Danau Toba

Freddy Tobing/New Tapanuli
Sejumlah kapal penumpang sandar di Pelabuhan Balige tampak kosong karena musim badai.
LINE it!

NewTapanuli.com, TOBASA – Belakangan ini terjadi musim badai di wilayah perairan Danau Toba. Kondisi itu yang berdampak buruk terhadap berbagai aktivitas di danau. Untuk itu dihimbau agar masyarakat tetap waspada khususnya aktivitas pelayaran.

“Agin kencang tidak menentu, bisa terjadi sewaktu-waktu. Kondisi ini harus menjadi perhatian semua pihak. Khususnya pelayaran, jangan memaksakan diri berlayar saat situasi buruk,” tutur Ir Pargaulan Sianipar, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Tobasa saat berkunjung ke Dermaga Balige, Jumat (10/8).

Di samping kepedulian pengelola transportasi danau terhadap situasi alam yang terjadi, diminta agar pengelola memastikan laik jalan kapal dan hal yang harus, dengan memastikan ketersediaan peralatanan keselamatan di kapal untuk seluruh penumpang.

Dijelaskan, situasi alam kali ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana biasanya terjadi angin kencang di danau pada sore dan malam hari. Tetapi kali ini, angin kencang juga sesekali terjadi saat pagi hingga siang hari.

Dengan kondisi ini, selain mengganggu aktivitas pelayaran, juga beresiko pohon tumbang, berdampak buruk pada aktivitas nelayan dan wisata air di daerah itu. Untuk itu pula diingatkan semua pihak peduli.

“Kepada pengelola wisata agar memahami situasi ini, dengan memastikan situasi aman bagi pengunjung. Sebab, kita pengelolah yang paham situasi alam di wilayah kita masing-masing,” tandasnya.

Seperti biasanya, setiap hari pekan Jumat, dermaga Balige selalu ramai disinggahi kapal penumpang. Namun hari ini tampak sepi. Sekira pukul 15.00 WIB, tidak satupun kapal penumpang yang sandar di Dermaga Balige.

“Biasanya jam tiga sore masih ada kapal. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi,” tutur Lasson Nainggolan, warga Nainggolan yang ditemui di Dermaga Balige.

Menurutnya, informasi yang ia dapat, sejumlah kapal batal berlayar. Sebahagian, waktu keberangkatan sengaja dipercepat. (ft/osi/nt)

Loading...