Puskesmas Lumban Julu Imunisasi Campak ke Sekolah-sekolah

Oloan Sirait/New Tapanuli
Ka Puskesmas Lumban Julu dr Siti Sumarni Sianturi saat melakukan penyuntikan vaksin campak dan rubella kepada murid TK/PAUD Satu Atap Lumban Julu.
LINE it!

NewTapanuli.com, TOBASA – Tim Kesehatan dari Puskesmas Lumban Julu sejak pencanangan imunisasi campak dan vaksin rubella, mengadakan pelayanan ke sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir.

Kepala Puskesmas Lumban Julu dr Siti Sumarni Sianturi saat di temui dalam pelayanan imunisasi campak dan rubella di salah satu TK/PAUD Satu Atap Lumban Julu mengatakan bahwa sangat penting dilakukan imunisasi tersebut.

Selain menjaga terjadinya penyakit campak (Measles) pada anak yang menyebabkan terjadinya radang paru (Pneumonia) radang otak (ensefalitis) kebutaan , diare dan gizi buruk. Sedangkan Rubella menyebabkan kelainan jantung, kelainan mata (katarak kongenital), tuli, keterlambatan perkembangan dan kerusakan jaringan otak.

“Adapun sasaran kita dalam penyuntikan imunisasi vaksin campak dan rubella (MR) ini dilakukan pada anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Pada bulan Agustus ini kita lakukan pada semua sekolah yang ada di Kecamatan Lumban Julu. Mulai dari TK PAUD, SD dan SMP. Sedangkan untuk di posyandu kita laksanakan pada bulan September,” terang dr. Siti Sumarni Sianturi.

Adapun yang perlu dilakukan pada hari imunisasi MR adalah, datang ke pos imunisasi pada waktu yang telah ditentukan. Memastikan si anak sudah makan sebelum imunisasi. Sampaikan kondisi kesehatan anak pada petugas (riwayat penyakit, pengobatan yang sedang di jalani, adanya kecacatan bawaan, kelahiran prematur, alergi atau riwayat reaksi berat setelah imunisasi sebelumnya).

Setelah anak diimunisasi, tunggulah sekitar 30 menit difasilitas kesehatan untuk memantau kemungkinan kejadian ikutan pasca imunisasi. Demam ringan, ruam merah dan bengkak ringan di tempat suntikan adalah reaksi normal dan tidak perlu terlalu di khawatikan. Bawalah si anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat apabila terjadi kejadian pasca imunisasi yang serius seperti demam tinggi, kejang dan pembengkakan di tempat suntikan.

Camat Lumban Julu Alfaret Manurung SH sangat merespon dengan adanya kegiatan imunisasi campak dan rubella tersebut. Dengan waktu yang ada diharapkan target dapat terpenuhi dan diharapkan kepada semua orangtua untuk mengikuti kegiatan imunisasi ini karena sangat membantu tumbuh kembang anak.

“Kami sudah minta ke semua kepala desa dan lurah untuk sosialisasi ke warga agar bisa memanfaatkan waktu imunisasi ini. Sekarang ini virus campak dan rubella sudah menyebar sehingga kewaspadaan dini wajib diperhatikan. Saya sangat respon dengan adanya imunisasi ini. Demi kesehatan generasi masyarakat di Kecamatan Lumban Julu tercinta ini, ” ujarnya. (os/osi/nt)

Loading...