29 Pekerja Asal Tobasa Dikirim ke Jerman

Ilustrasi.
LINE it!

NewTapanuli.com, TOBASA – Usai mengikuti pelatihan selama 5 bulan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Tenaga Kerja berangkatkan 29 orang pemuda asal Tobasa untuk bekerja di Jerman. Acara pelepasan digelar di ruang penatapan rumah Dinas Bupati di Balige,  Jumat (8/6).

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Tobasa Drs Tumpal Sianturi,  program peningkatan kesempatan kerja itu bertujuan agar pencari kerja memilki knowledege, skill dan attitude khususnya bahasa Jerman sehingga mampu mengikuti ujian Lisensi B1 di Gote Institut di Jakarta sebagai syarat utama agar bisa mengikuti pendidikan sambil bekerja di Jerman.

Dari 29 orang peserta, 19 orang masuk ikut Ausbildung (B1) yakni bidang perhotelan dan 10 orang masuk program Aufair di bidang perawatan. Selama proses pelatihan berlangsung, peserta juga telah wawancara langsung melalui Sky Fi dengan pihak perusahaan di Jerman bahkan ada yang telah mendapatkan kontrak dari perusahaan di Jerman.

“Materi yang dipelajari sebelumnya selama 400 jam di SMP N 1 Balige sejak Januari hingga Juni 2018 selama ini dinilai cukup sebagai modal awal untuk diberangkatkan ke Jerman setelah mengikuti ujian dan tahapannya ke depan,” terang Tumpal ketika diwawancarai, Selasa (12/6).

Loading...