Tiba-tiba, Asap Mengepul dan Menjulang ke Atas

Olo Sirait/New Tapanuli
Rumah J Simanjuntak rata dengan tanah dilalap si jago merah di Lumban Pea.
LINE it!

NewTapanuli.com, TOBASA – Satu unit rumah semi permanen milik J Simanjuntak, ludes dilalap si jago merah di Lumban Pea, Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Toba Samosir.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/6/18) sekira pukul 22.00 WIB. Menurut salah seorang warga setempat bermarga Sitorus (45), tiba-tiba dia melihat asap sudah mengepul serta menjulang ke atas. Dia berteriak sehingga warga berdatangan ke tempat kejadian. Karena kobaran api begitu cepat membesar, warga tidak bisa berbuat apa-apa.

“Kebetulan yang punya rumah berada di luar. Isteri Pak J Simanjuntak sedang berada di Jakarta. Dalam hitungan Setengah jam, rumah sudah rata dengan tanah. Tidak ada benda yang bisa diselamatkan,” katanya.

Kapolsek Lumban Julu AKP Komando Ginting di tempat kejadian mengatakan, satu unit pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Tobasa dari Porsea langsung datang ke TKP. Selang setengah jam lebih, tiga unit lagi Damkar milik Pemkab Tobasa datang dari Balige. Tapi rumah sudah habis terbakar.

“Penyebab kebakaran ini untuk sementara kita masih duga dari hubungan arus pendek dan selanjutnya masih kita selidiki lagi. Dan untuk besaran kerugian atas kebakaran ini juga belum bisa kita pastikan karena Pemilik rumah masih dalam keadaan syok. Belum bisa kita mintai keterangan dari beliau,” ujar Kapolsek.

Camat Lumban Julu Alfaret Manurung SH yang juga berada di tempat kejadian mengharapkan agar masyarakat lebih hati-hati dalam meninggalkan rumahnya.

“Kebetulan beberapa hari ini cuaca begitu cerah disertai angin kencang. Jadi apabila ada sedikit percikan api, maka api akan begitu cepat membesar. Maka, hati-hatilah dalam cuaca ekstrem saat ini,” harap Camat. (os/nt)

Loading...