4 Kadis di Tobasa Diganti, 1 Nonjob, Ini Nama-namanya…

Bagikan:
Para pejabat di lingkungan Pemkab Tobasa saat mengikuti pengambilan sumpah di Balai Data Lt IV Kantor Bupati Tobasa di Balige, Kamis (28/4/18).

NewTapanuli.com, TOBASA – Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian memberhentikan 4 pejabat dari jabatan Kepala Dinas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tobasa. Pemberhentian itu ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan yang digelar di Balai Data Lt IV Kantor Bupati Tobasa di Balige, Kamis (28/4/18).

Salah seorang kepala dinas, yaitu Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan, dinonjobkan. Pergantian itu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tobasa No. 390 tahun 2018 tanggal 23 April 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan PNS dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Tobasa. Berikut nama-nama pejabat yang diganti:

1. Memberhentikan Drs Wilker Siahaan dari jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

2. Memberhentikan Ultri Sonlahir Simangunsong ST MT dari jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan diangkat dalam jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan.

3. Memberhentikan Drs Audi Murphi O Sitorus SH MSi dari jabatan sebagai Staf  Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan dan diangkat menjadi Kepala Disparbud.

4. Memberhentikan Ir Darlin Sagala dari jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan diangkat sebagai Kepala Dinas PUPR.

Dalam sambutannya, Bupati menyebutkan bahwa pelantikan tersebut sebagai tindaklanjut dari surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, perhal rekomendasi pelaksanaan uji kompetensi dalam rangka mutasi JPT Pratama serta surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara perihal rekomendasi hasil uji kompetensi dalam rangka mutasi antar JPT Pratama di lingkungan Pemkab Tobasa.

Pelaksanaan uji kompetensi itupun didasarkan atas hasil evaluasi kinerja dan juga untuk kepentingan penyegaran dalam tubuh organisasi pemerintahan yang lebih baik. Proses itu diharapkan agar pejabat JPR Pratama memiliki kompetensi yang sesuai dan diharapkan mampu mengemban tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Kepada pejabat yang dilantik, Bupati berpesan agar mengabdi dengan sungguh-sungguh dan ditunjang oleh kapasitas intelektual, disiplin, kerja keras, inivatif, kaya terobosan, dan itikad tulus untuk mengabdi bagi kepentingan masyarakat.

“Jabatan yang diberikan kepada saudara-saudara harus disyukuri dan hendaknya dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keiklasan, serta prestasi bekerja. Serius dan bertanggungjawab serta bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tobasa Kasten Panjaitan yang diwawancarai usai pelantikan itu menyebutkan bahwa telah dilakukan ujikompetensi kepada 5 pejabat di lingkungan Pemkab Tobasa sejak 7 April lalu. Namun satu diantaranya, yakni Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan dengan pejabat Ir Lintong Sitorus tidak mengikuti ujikompetensi tersebut.

“Beliau (Lintong, red) tidak mengikuti ujikompetensi itu. Lantas nonjob. Untuk saat ini Kadis Pertanian dijabat pelaksana tugas Sahat Manullang SP,” ungkapnya.

Sementara Kadis Kominfo dijabat pelaksana tugas oleh Drs Lalo H Simanjuntak. Kemudian, jabatan Kepala Dinas Perkim dijabat pelaksana tugas Hendri Bona Pardosi. (Ft/nt)

Bagikan:
Loading...