5 Bulan Rampung Tembok Sudah Roboh

Bagikan:
TPT yang ambruk di Aek mandosi Desa Partoruan Lumban Lobu.

TOBASA – Diduga tidak sesui dengan spesikasi teknis, Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) milik Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I ambrol sepanjang sekitar  50 meter tepatnya di Aek mandosi Desa Partoruan Lumban Lobu Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) disoal.

Proyek yang baru rambung tahun 2017 dan menelan anggaran sekitar Rp 2 miliar tersebut, selain karena hantaman hujan deras, ambruknya TPT diduga karena  tak memilki pondasi dan campuran semen yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

Menurut pengakuan salah seorang warga sekitar, B Sitorus kepada New Tapanuli Sabtu (10/3), bahwa pembangunan TPT tersebut baru rampung sekitar bulan November lalu. Dalam hitungan tak sampai setengah tahun bangunan TPT tersebut sudah pada ambruk.

“Memang dalam seminggu ini curah hujan sangat deras, sehingga menambah volume air sungai ini. Akan tetapi guna daripada TPT ini dibangun, untuk menahan terjangan dari arus sungai. Masa terus ambruk? Pengerjaan bangunan ini saya rasa asal jadi. Pernah saya melihat para tukangnya melakukan adukan semen tujuh banding satu. Artinya, tujuh angling pasir dan satu sak semen. Campuran apa itu?,” ujarnya dengan nada kecewa.

Menurutnya, hujan deras yang menghantam TPT tersebut sudah biasa terjadi. Namun baru kali ini bangunan yang ada di sekitaran Aek Mandosi ambruk. Sitorus meminta, pihak Perum Jasa Tirta dapat segera melakukan perbaikan sebelum hujan deras kembali turun, dan merobohkan seluruh bangunan TPT.

“Kalau pihak Perum Jasa Tirta I tidak mau bangunan TPT ambruk, secepatnyalah dilakukan perbaikan. Hal ini mengingat dugaan kwalitas bangunan yang cukup rendah, sehingga apabila hujan turun bisa saja TPT ambruk dan menghantam areal persawahan dan pemukiman warga,” terangnya.

Sementara Humas Perum Jasa Tirta I eko yang dikonfirmasi di ruang kerjanya (sumber lain), Kamis (8/3) mengaku proyek TPT di Aek mandosi Desa Partoruan Lumban Lobu rampung tahun 2017 lalu. Ambruknya bangunan akibat hujan deras beberapa hari yang lalu.

Perum Jasa Tirta I akan segera melakukan perbaikan TPT dalam tahun 2018. Akan tetapi untuk melakukan perbaikan harus menunggu proses, dalam waktu dekat pihak perusahaan akan segera melaksanakan tender proyek pembangunan TPT tersebut.

“Kita akan segera perbaiki, yang pasti tahun ini proyek perbaikan TPT sudah ditenderkan. Hujan deraslah yang merobohkan TPT itu dan bahkan beberapa tanggul Aek Mandosi ada juga yang ambruk,” terang Eko. (os/rah)

Bagikan:
Loading...