Bah!! Bupati Pindahkan 12 Dokter Tanpa Sepengetahuan Kadis

Bagikan:
Darwin Siagian

NewTapanuli.com, TOBASA – Sebanyak 9 dari 12 dokter yang dirotasi mendatangi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tobasa dr Frida Sinaga, Senin (4/9). Mereka datang untuk mempertanyakan alasan perpindahan mereka sejak Kamis (31/8) ang lalu.

“Yang mereka tanya tentang alasan perpindahan,” tutur dr Frida Sinaga usai menerima kedatangan para dokter yang dipindahkan di ruangan kerja Asisten Pemerintahan Setdakab, Senin (4/9).

Menurut Frida, perpindahan 12 dokter tersebut merupakan hal wajar sesuai wewenang pimpinan. Namun, jika ada perdindahan dokter, tentunya ada koordinasi sebelumnya dengan dinas kesehatan.

“Tidak ada koordinasi dengan dinas kesehatan sebelumnya dan merekalah (dokter) yang memberitahu sama saya. Sesudah mereka dipindahkan, sampai saat ini BKD belum pernah koordinasi,” katanya.

Menurutnya, perpindahan itu hal yang lumrah dan merupakan wewenang pimpinan. Namun, jika ditanya secara kedinasan, ia mengaku kurang setuju. Dimana para dokter yang dirotasi merupakan anggota tim yang akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk penilaian akreditasi yang akan berlangsung minggu depan.

Dijelaskan, tim akreditasi akan menilai mutu pelayanan yang ada di puskesmas melalui survei layak atau tidak untuk menerima akreditasi. Untuk Tobasa sendiri tahun 2017, ada 4 puskesmas yang akan mengikuti akreditasi, yakni Puskesmas Balige, Laguboti, Ajibata dan Parsoburan.

“Dari empat puskesmas tersebut, ada beberapa dokter yang dipindahkan. Padahal mereka masuk dalam tim manajemen yang mempersiapkan segala sesuatu untuk penilaian oleh tim akreditasi nantinya. Hal ini sangat disayangkan. Saya akan koordinasi dengan BKD dan pimpinan untuk mencari solusinya ini,” katanya.

Bagikan:
Loading...