Antisipasi Masalah Pengelolaan Anggaran Desa, Bupati Minta Dibentuk Satgas Asistensi ADD

Bagikan:

NEWTAPANULI.COM, TOBASA – Pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) saat ini ditangani langsung oleh masing-masing aparat desa. Guna mengantisipasi terjadinya masalah dalam pelaporan suarat pertanggungjawaban, Bupati Tobasa Darwin Siagian menginstruksikan agar membentuk satuan tugas (satgas) asistensi ADD di tingkat kabupaten.

“Jangan anggap enteng soal pelaporan SPJ ADD. Pengelolaan ADD harus hati-hati dan menjunjung tinggi transparansi. Sehingga perlu dalam waktu dekat ini dibentuk Satgas Asistensi ADD dari tingkat kabupaten,” kata Darwin Siagian saat memberikan bimbingan dan arahan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ajibata, Kamis (3/3).

Diterangkan, dalam pembangunan desa saat ini, ADD sangat efektif untuk membangun desa. Dana desa itu bukan sekedar fisik, tapi bagaimana juga membangkitkan ekonomi desa, badan usaha unit desa dan lainnya.

“Jika ini (ADD dan DD) berjalan baik, maka hal-hal strategislah yang menjadi urusan kabupaten, seperti membangun jalan penghubung antar desa. Kita harap ke depan dana desa ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di setiap desa,” paparnya.

Sebelumnya, tentang Musrembang yang digelar, Bupati mengatakan setiap tahun kegiatan seperti itu dilaksanakan untuk menampung usulan dari masyarakat. Kalaupun masih banyak yang belum dapat diakomodir  mengingat keterbatasan anggaran pemerintah. Sehingga disusunlah skala prioritas pembangunan di Tobasa melalui Musrembag.

Seperti diketahui, dalam acara Musrenbang tersebut dihadiri Camat Ajibata Tigor Sirait, anggota DPRD Rustam Silalahi dan Afron Sirait. Turut hadir mendampingi sejumlah kepala SKPD, Kepala Bappeda James Silaban, Kepala BPMPD Wasir Simanjuntak, Kadis PU Bresman Simangunsong, Kadis Tarukim Darlin Sagala, Kadispora Sandy Sibuea, Plt Inspektorat Selamat Panjaitan, Kadis Pasar Arifin Silaen dan mewakili SKPD lainnya. (ft)

Bagikan:
Loading...