Bandara Silangit Dikembangkan Berbasis Aerocity

Bagikan:

NewTapanuli.com, TAPUT – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, mengatakan dalam pemanfaatan ruang Bandara Silangit melakukan pembangunan dengan sistem bandara berbasis Aerocity (Kota Bandara ).

“Kondisi yang kita inginkan dalam mengembangkan bandara berbasis Aerocity akan kita terapkan melalui lima zona. Artinya, kita akan bangun fasilitas perkantoran, perindustrian, Ruang Terbuka Hijau dan Sosial,” ujar Nikson, Minggu (21/10).

Kata Nikson, adapun tujuan pengembangan bandara silangit itu, selain meningkatkan perekonomian warga sekitar juga sebagai penopang peningkatan PAD.

Hal itu jelas dapat kita lihat dari sisa lahan Pemkab seluas 158 hektar yang dapat dimanfaatkan. Di mana, seluas 142 hektar telah diberikan kepada AP II untuk perluasan pembangunan bandara agar menjadi bandara Internasional.

Faktor pendukung yang paling relevan tegas Nikson, saat ini Bandara Silangit telah masuk dalam Kawasan Startegis Pariwisata Nasional ( KSPN) dilihat dari segi peningkatan pertambahan penumpang yang sangat signifikan dari tahun ke tahun.

Pergerakan jumlah penumpang itu terjadi di tahun 2015 yang mencapai angka 600 pergerakan. Lalu di tahun 2016 mencapai 3.500 pergerakan, kemudian tahun 2017 mencapai 7.000 pergerakan.

Berangkat dari statistik pergerakan itulah akan kita manfaatkan untuk membangun pengembangan Bandara Silangit menuju Aerocity.

“Para wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba tidak langsung meninggalkan bandara. Para wisatawan itu nantinya terlebih dahulu akan menikmati fasilitas fasilitas Aerocity Bandara Silangit,” pinta Nikson Nababan.

Bagikan:
Loading...