Dinkes Taput Dituding Pilih Kasih soal Fogging

Bagikan:
Salah seorang warga memperlihatkan saluran air yang jorok di kawasan Pasar Sarulla, Kecamatan Pahae Jae.

NewTapanuli.com, TAPUT – Sejumlah warga yang bermukim di kawasan Pekan Sarulla, Kecamatan Pahae Jae, Tapanuli Utara, mengeluhkan kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Taput melalui puskesmas setempat dalam melakukan fogging (pengasapan) di sekitar wilayah kediaman mereka.

Salah seorang warga, Rismes Nainggolan menyebutkan, tim yang diturunkan pada hari Rabu (5/2) hanya pilih-pilih lokasi saat melakukan fogging, dan yang di fogging hanya rumah masyarakat tertentu tanpa diketahui sebabnya. “Kami tidak tau, apakah karena fogging itu harus dibayar atau tidak. Sehingga rumah kami dilewati dan tidak di fogging,” ketusnya.

Menurutnya, dampak dari dilakukannya fogging dengan pilih kasih itu yakni dengan bertambahnya nyamuk di kediaman mereka. “Otomatis nyamuk-nyamuk itu berpindah dan bertambah banyak ke rumah kami. Sebab hanya sebagian rumah warga saja yang diasapi,” keluhnya.

Pada kesempatan itu, Rimses juga mengeluhkan kondisi Pasar Sarulla yang jorok dan menimbulkan bau tidak sedap, salah satunya akibat saluran air yang sumbat. “Bahkan ada pemukiman warga di kawasan ini yang tidak memiliki kamar mani atau MCK. Sehingga menimbulkan bau yang menyengat dan kami sedikit kesulitan menghirup udara segar, apalagi jika msum kemarau,” tukasnya.

Dia berharap, agar pemerintah melalui instansi terkait memperhatikan kondisi kawasan Pasar Sarulla agar bisa bersih dan tidak menimbulkan bau, dan mengurangi populasi nyamuk. “Kami khawatir, kalau hal ini tidak diperhatikan akan menimbulkan penyakit bagi masyarakat yang bermukim disini. Khususnya penyakit demam berdarah,” ujarnya. (roy/rb/nt)

Bagikan:
Loading...