Dokter Anak Tidak Ada, Puluhan Orangtua Ngantri di RSUD Tarutung

Bagikan:
Puluhan orangtua pasien anak sedang antrian menunggu dokter anak di RSUD Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

NewTapanuli.com, TAPUT – Puluhan orangtua pasien anak mengantri menunggu kedatangan dokter anak di Poliklinik Anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Pasalnya, hingga pukul 13.30 WIB, tak satu pun dokter anak yang berada di ruangan Poli Klinik Anak tersebut.

Sejumlah orangtua anak yang ditemui di Poliklinik Anak RSUD Tarutung, membenarkan kondisi tersebut, dan malah mengaku mereka sejak pagi sudah mengantri di depan Poli Klinik Anak untuk cek up. “Iya Pak, dari tadi pagi belum ada dokter anak, nggak tahu kenapa lama datangnya. Inilah baru lima menit datang, sementara sekarang sudah jam 2 siang,” ujar seorang ibu berkulit putih yang mengantri.

Direktur RSUD Tarutung, drg Martha Sihombing didampingi Humas Alex Pangaribuan mengatakan, bahwa kondisi yang membuat keterlambatan dokter anak tiba di Poli Klinik Anak karna hal emergenci. “Sejak pagi tadi sesuai apel pagi, dokter anak yakni dr Della Roasa Daulay SpA sedang menangani pasien anak yang darurat di ruang ICU,” jelas drg Martha.

Hal itu, katanya, sebagaimana standart operasional Rumah Sakit, pasien yang dalam keadaan darurat harus diutamakan dan hal inilah yang membuat para orangtua pasien yang membawa anaknya cek up maupun berobat jalan ke Poli Klinik Anak harus menunggu lama. “Usai apel tadi, dokter anak kita langsung menangani pasien anak yang sudah emergenci di ruang ICU. Usai dari ruang ICU, dr Della kemudian ke Poli Klinik Anak. Soal antrian orangtua pasien anak itu diakibatkan adanya pasien amergenci,” terangnya.

Sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) RSUD Tarutung, sambungnya, usai apel pagi dokter keliling ruangan mengecek kondisi pasien dan setelah itu dokter ke ruangan Poli Klinik masing-masing untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang cek up dan rawat jalan. “Tapi pada prinsipnya, pihak rumah sakit harus mengutamakan pasien yang dalam kondisi emergenci,” tegasnya.

Dia mengimbau, kalau ada keluhan pasien sebaiknya langsung menghubungi pihak pelayanan secara langsung maupun melalui telepon. “Dimana setiap ruangan dan poli, pihak rumah sakit mencantumkan nomor pelayanan rumah sakit,” tukasnya.

Humas RSUD Tarutung Alex Pangaribuan menambahkan, bahwa RSUD Tarutung memiliki dua orang dokter anak, yakni dr Della Rossa Daulay, SpA dan dr Regia Sabaraty Sinurat, SpA. (mag01/osi/rb/nt)

Bagikan:
Loading...