Aek Sigeaon Diharapkan Jadi Objek Wisata

Bagikan:
Aliran Aek Sigeaon yang membelah Kota Tarutung menarik para pengunjung dan dapat dijadikan sebagai obyek wisata bila dikelola dengan baik. (Alfredo Shombing/New Tapanuli

NewTapanuli.com, TAPUT – Sejumlah warga berharap, agar Pemkab Taput benar-benar serius menjadikan Aek Sigeaon bisa menjadi salah satu objek wisata andalan di Tarutung, selain objek wisata lainnya.

Salah satu pemerhati wisata, Rinto Harianja mengatakan, Tarutung merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang memiliki pemandangan indah, salah satunya Aek Sigeaoan yang membelah kota berhawa sejuk itu. “Karena aliran air sungai terlihat indah. Namun sayangnya belum ditata dengan baik, sehingga belum bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata,” katanya kepada New Tapanuli, Kamis (10/1).

Menurutnya, Aek Sigeaon memiliki sejarah di Taput dan tentunya bila dikelola dengan baik dengan melakukan pembenahan atau penataan, tentunya meningkatkan PAD, termasuk meningkatkan pendapatan warga dari sektor perdagangan. “Ini tentunya potensi alam yang bisa digunakan untuk peningkatan perekonomian. Misalnya, Pemkab bisa membuat pusat jajanan yang bisa dinamai dengan Tarutung Square misalnya,” imbuhnya seraya mengatakan lukisan-lukisan di sepanjang tembok Aek Sigeaon juga termasuk cukup indah dipandang saat ini.

Senada itu, Yuli boru Sihombing mengatakan, kafe atau warung makanan dan minuman yang berada di sekitar pinggiran Aek Sigeaon perlu dirapikan atau ditatat dengan lebih baik lagi. “Selain masih minim pelayanan, suasana Aek Sigeaon juga masih terkesan kumuh. Ada baiknya, seluruh warung atau kafe di lokasi itu diseragamkan bentuknya. Kemudian, hendakanya ada kios yang menjual berbagai aksesoris khas daerah,” ujarnya.

Selain itu, katanya, fasilitas untuk menunjang objek wisata juga perlu dibenahi, apalagi objek wisata yang dimiliki Taput umumnya wisata alam. “Sarana transportasi misalnya juga harus diperhatikan dan dibenahi. Kemudian wisatawan juga bisa tertarik dengan keramahan yang ditunjukkan warga Taput,” ujarnya. (as/rb/nt)

Bagikan:
Loading...