Insentif Guru dan BOP PAUD Taput Cair

Bagikan:
Ilustrasi

NewTapanuli.com, TAPUT – Para guru PNS dan non PNS di Tapanuli Utara (Taput) patut berlega hati dalam suasana Natal dan menjelang perayaan Tahun Baru.

Pasalnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat telah merealisasikan pembayaran insentif guru dan juga telah menyerahkan honor tutur serta Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pelaksana Tugas Kepala Disdikbud Taput, Marusaha Nababan, MM kepada wartawan di kantornya, Kamis (27/12) mengatakan, insentif guru yang dicairkan tersebut yakni insentif bagi guru PNS dan non PNS yang bertugas di desa terpencil dan di desa sangat terpencil dengan total dana sebesar Rp8,5 miliar untuk 12 bulan insentif selama 2018.

Dengan perincian, guru PNS yang bertugas di desa sangat terpencil mendapat insentif sebesar gaji pokok setiap bulannya.Untuk yang guru Non PNS mendapat insentif bervariasi sesuai lama bertugas. Bagi guru non PNS yang mempunyai masa tugas 1-2 tahun menerima insentif sebesar Rp600 ribu per bulan. Masa tugas 3-4 tahun menerima insentif sebesar Rp800 ribu per bulan. Masa tugas 5 tahun menerima sebesar Rp1 juta per bulan.

Sementara itu, untuk guru PNS yang bertugas di desa terpencil mendapat insentif sebesar Rp1,5 juta per bulan. Guru non PNS dengan masa kerja 1-2 tahun menerima insentif sebesar Rp400 ribu per bulan, guru non PNS masa kerja 3-4 tahun menerima insentif sebesar Rp500 ribu per bulan. Dan guru non PNS menerima sebesar Rp600 ribu per bulan.

Disdikbud juga telah membayarkan kekurangan satu bulan insentif pada tahun 2017 bagi guru non PNS yang bertugas di desa terpencil dan desa sangat terpencil.

“Sedangkan kekurangan satu bulan insentif tahun 2017 bagi guru PNS yang bertugas di desa terpencil dan sangat terpencil belum dapat dibayarkan. Hal itu karena keterbatasan anggaran. Dan akan dibayarkan setelah ditampung di P-APBD Taput 2019 mendatang,” terangnya.

Masih kata Marusaha, pembayaran insentif bagi guru non PNS di sekolah negeri untuk tingkatan SD dan SMP di Taput juga sudah direalisasikan di Desember untuk 7 bulan terhitung Juni sampai Desember.

Dengan besaran setiap guru menerima sebesar Rp300 ribu per bulan. Total dana yang dikeluarkan untuk membayarkan insentif guru non PNS yang bertugas di SD dan SMP Negeri se-Taput tersebut sebesar Rp3,4 miliar.

Disdikbud Taput juga membayarkan Tutor PAUD sebesar Rp300 ribu per bulan untuk sisa 6 bulan lagi di 2018 yang diberikan kepada 600 tutor PAUD. Demikian juga bantuan Operasional PAUD juga diserahkan kepada 179 lembaga PAUD se-Taput.

Marusaha yang menjabat di Sekretaris Dinas sekaligus pelaksana tugas kepala Disdikbud sejak 7 Desember itu mengatakan, pemberian insentif kepada guru-guru yang bertugas di daerah itu dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan para guru khususnya dalam rangka mewujudkan visi-misi Taput sebagai lumbung sumber daya manusia yang berkualitas.

Oleh karena itu, katanya, warga masyarakat juga diharapkan untuk melakukan pengawasan bagi guru khususnya yang telah menerima insentif tugas di desa terpencil dan di desa sangat terpencil.

Terakhir, Marusaha mengimbau agar para guru penerima insentif memeriksa rekening masing-masing. Jika insentif tersebut belum masuk, agar segera melaporkan ke Dinas Pendidikan.

“Ke depan kita juga akan mengupayakan agar pembayaran insentif ini dilakukan paling lama sekali dalam tiga bulan,” kata Marusaha. (as/nt)

Bagikan:
Loading...