Basamo Kita Gadangkan HIKKBAR

Bagikan:

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Katua Gadang DPP HIKKBAR (Himpunan Kerukunan Keluarga Barus), Bakhtiar Ahmad Sibarani, melantik 15 pengurus rayon Se-Kota Sibolga-Tapanuli Tengah, untuk masa bhakti 2018 sampai dengan 2023, Sabtu (1/12).

Hadir pada pelantikan tersebut Ketua Dewan Pembina DPP HIKKBAR, yang juga Walikota Sibolga Drs Syarfi Hutauruk MM, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Kapolres Tapteng AKBP Sukamat, Ketua TP PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Sibarani, Ketua TP PKK Kota Sibolga Ny Delmeria Syarfi Hutauruk, Muspida Sibolga-Tapteng. Kemudian, hadir pula Ketua KNPI Tapanuli Tengah, OPD Sibolga dan Tapanuli Tengah, Ormas Agama, mantan Ketua Gadang Hikkbar dan Seluruh Masyarakat Barus di Kota Sibolga – Tapanuli Tengah.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran. Dalam sambutannya, Katua Gadang DPP HIKKBAR yang juga Bupati Tapteng dalam sambutannya mengatakan akan bertekad untuk membesarkan organisasi masyarakat Barus tersebut, lebih besar dari sebelumnya.

“Harus lebih besar dari sebelumnya. Kita sama-sama membesarkan HIKKBAR ini. Rayon-rayon yang telah dilantik malam ini, bisa menunjukkan kinerjanya, untuk kemajuan HIKKBAR kedepannya. Harus bisa lebih mandiri dan bekerjasama untuk melaksanakan program Hikkbar kedepannya,” kata Bakhtiar mengawali sambutannya.

Di awal jabatannya sebagai Katua Dagang, Bakhtiar menyebut bahwa dirinya akan membuat sejarah baru dalam HIKKBAR. Katanya, setelah pelantikan, dirinya dan pengurus lainnya akan menggelar acara ‘pulang basamo’ atau pulang bersama. Dimana, seluruh masyarakat Barus yang ada di perantauan akan kembali dan berkumpul di kampung halamannya, Barus.

“Pelantikan malam ini kita akan membuat sejarah, karena saya melihat pelantikan malam ini dihadiri begitu ramai. Di pertengahan bulan 1 tahun 2019, kita akan melaksanakan pulang bersama dan akan membawa cendramata beras sebanyak 4.000 karung yang akan diberikan kepada fakir miskin,” ungkapnya.

Sebelumnya, ketua panitia Zulhamsyah Panjaitan mengawali sambutannya dengan mengucapkan terimakasih kepada Katua Gadang yang telah bersedia memberikan dukungan untuk memberikan motivasi membesarkan HIKKBAR menjadi lebih maju kedepan.

“Maka motivasi yang terbangun dengan mengangkat thema, Basamo Kito Manggadangkan HIKKBAR,” seru Zulhamsyah.

Menurutnya, ada yang beda dengan pelantikan kali ini. Karena, pengurus yang dilantik kali ini tidak hanya diberikan SK, melainkan juga diberi pataka. “Agar bisa lebih bertanggung jawab atas jabatan yang diamanahkan,” pungkasnya.

Adapun rayon se-Kota Sibolga-Tapteng yang dilantik, berjumlah 15. Untuk masa Khidmat 2018 sampai 2023. Di antaranya, Rayon Pargadungan dan Poriaha, Rayon Sibolga Ilir dan Simaremare dan Rayon Pasar Belakang.

Kemudian, Rayon Pancuran Gerobak, Pancuran Pinang dan Pancuran Kerambil. Rayon Pancuran Bambu dan Pancuran Dewa, Rayon Aek Manis, Rayon Aek Habil, Rayon Pandan, Rayon Aek Sitio-tio, Rayon Kota Baringin, Sibolga Julu dan Rayon Aek Parombunan. Dengan nomor SK Pelantikan 02.1 s/d 02.15 /KEP/DPP.HIKKBAR-STT/XI/2018 se-Kota Sibolga dan se-Tapanuli Tengah.

Pelantikan yang dilaksanakan di gedung nasional Sibolga tersebut juga dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018M. Serta penyantunan anak yatim sebanyak 200 orang. (ts/nt)

Bagikan:
Loading...