Pelajar SMPN 1 Simangumban Bergotong Royong Benahi Fasilitas Sekolah

Bagikan:
Kepala Sekolah SMPN 1 Simangumban Morris Gultom mengajak pelajar bergotong royong membenahi fasilitas sekolah. (M ROY SIREGAR/NEW TAPANULI)

NewTapanuli.com, TAPUT – Guna menanamkan sikap tanggungjawab pelajar, Kepala Sekolah SMPN 1 Simangumban, Morris Gultom mengajak pelajar bergotong royong membenahi dan menata fasilitas yang ada di sekolah itu.

Morris mengatakan pelajar diajak gotong royong membenahi fasilitas sekolah tersebut dengan harapan, para pelajar merasa memiliki dan bertanggung jawab menjaga, memelihara dan merawatnya.

”Pelajar SMPN 1 ini tentunya juga ikut bertanggung jawab menjaga dan merawat fasilitas yang ada, seperti taman maupun fasilitas lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, budaya gotong-royong sudah mengakar pada diri masyarakat Indonesia sejak dulu dan beragam kultur di negeri ini berhasil disatukan dengan gotong-royong.
“Negara ini merdeka pun juga dengan gotong-royong, dari berbagai etnis, kultur, agama, dan lainnya, hingga kini mampu menjadi bangsa yang besar atas nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkasnya.

Budaya gotong-royong ini, lanjutnya, bukan hanya dalam bentuk perilaku, perbuatan, tapi juga dengan pola pikir dan penyatuan pola pikir dengan tujuan yang sama ini berefek besar dalam mencapai cita-cita bersama.

“Budaya gotong-royong ini, sangat perlu diterapkan di dalam dunia pendidikan yang dinilai masyarakat, sebagai pedoman hidup yang diyakini untuk mengubah masa depan. Bukan hanya mensejahterakan kehidupan keluarga, tetapi juga bangsa yang akan diwariskan kepada anak-anak saat ini, untuk generasi berikutnya,” bebernya.

Dia mengatakan, budaya gotong royong di SMPN 1 Simangumban juga melibatkan seluruh guru dan staf yang ada.

“Bahkan agenda rutin kita setiap sekali tiga bulan yakni gotong royong membersihkan dan menata taman sekolah serta melakukan pengecatan ruangan belajar dan pagar sekolah,” tandasnya seraya berharap budaya ini bisa tertanam dan mengakar di dalam diri setiap pelajar sampai kapanpun. (roy/rb/nt).

Bagikan:
Loading...