12 Agustus, KPU Taput Tetapkan Nikson-Sarlandy

Alfredo Sihombing/New Tapanuli
Bupati Nikson Nababan dan Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat didampingi istri Satika Simamora dan Uli boru Tobing.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Utara memastikan jadwal penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat yang akan dilaksanakan di Aula KPU Taput, Minggu (12/8/18).

“Jadwal penetapan sudah diputuskan. Minggu, 12 Agustus 2018, pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan ditetapkan,” jelas Ketua KPU Taput Rudolf Sirait, Jumat (10/8).

Kepastian jadwal penetapan tersebut diputuskan melalui rapat komisioner KPU yang telah digelar siang tadi.

“Seluruh komisioner sepakat akan jadwal tersebut. Sebab, penetapan harus segera dilakukan pasca putusan MK yang menolak permohonan perkara Pilkada Taput oleh dua Paslon lainnya,” katanya.

Sebelumnya, kemenangan pasangan Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat dalam perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Taput tetap kokoh pasca putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan sengketa perselisihan hasil Pilkada sebagai pintu pertama dan terakhir gugatan Pilkada.

Putusan yang merupakan agenda penentuan layak tidaknya perkara untuk dilanjutkan, yang dibacakan oleh majelis hakim MK yang diketuai Anwar Usman, Kamis (9/8) dengan tegas menolak permohonan perkara yang dimohonkan masing-masing oleh pasangan calon Jonius Taripar Hutabarat-Frengki Simanjuntak, dan pasangan Chrismanto Lumbantobing-Hotman Hutasoit.

Seperti diberikan sebelumnya, Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan menolak permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) untuk Pemilihan Kepala Daerah( Pilkada) Tapanuli Utara (Taput) yang dimohonkan oleh pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Taput Jonius Taripar Hutabarat- Frengki Simanjuntak (JTP-Frends) dan Chrismanto Lumbantobing- Hotman Hutasoit (TOMAN).

Hal itu disampaikan oleh Poltak Silitonga SH kuasa hukum pasangan calon petahana Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat kepada New Tapanuli saat dikonfirmasi melalui selulernya usai mengikuti sidang di MK, Kamis(9/8).

“Sidang pembacaan putusan untuk permohonan PHP Pilkada Taput dengan nomor perkara 40 dan 42 yang dimohonkan paslon JTP-Frends dan TOMAN telah diputuskan ditolak oleh majelis hakim MK,” kata Poltak.

Dengan demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput dapat segera menetapkan pasangan calon Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat sebagai Bupati-Wakil Bupati Taput terpilih untuk masa periode 2019-2024.

“Hal itu sesuai dengan hasil rekapitulasi perhitungan akhir hasil pemilihan Bupati dan wakil Bupati Taput dimana paslon Nikson-Sarlandy memperoleh suara terbanyak dari paslon JTP-Frends dan TOMAN,” ujarnya. (as/osi/nt)

Loading...