MK Tolak Permohonan Sengketa Pilkada Taput

Poltak Silitonga SH selaku kuasa hukum Nikson Nababan.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPUT- Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan menolak  permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) untuk Pemilihan Kepala Daerah( Pilkada) Tapanuli Utara (Taput) yang dimohonkan oleh pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Taput Jonius Taripar Hutabarat- Frengki Simanjuntak (JTP-Frends) dan Chrismanto Lumbantobing- Hotman Hutasoit (TOMAN).

Hal itu disampaikan oleh Poltak Silitonga SH kuasa hukum pasangan calon petahana Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat kepada New Tapanuli saat dikonfirmasi melalui selulernya usai mengikuti sidang di MK, Kamis(9/8).

“Sidang pembacaan putusan untuk permohonan PHP Pilkada Taput dengan nomor perkara 40 dan 42 yang dimohonkan paslon JTP-Frends dan TOMAN telah diputuskan ditolak oleh majelis hakim MK,” kata Poltak.

Dengan demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput dapat segera menetapkan pasangan calon Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat sebagai Bupati-Wakil Bupati Taput terpilih untuk masa periode 2019-2024.

“Hal itu sesuai dengan hasil  rekapitulasi perhitungan akhir hasil pemilihan Bupati dan wakil Bupati Taput dimana paslon Nikson-Sarlandy memperoleh suara terbanyak dari paslon JTP-Frends dan TOMAN,” ujarnya.

Poltak menjelaskan,dalam amar putusan majelis hakim MK untuk perkara nomor 40, majelis  hakim dengan ketuanya Anwar Usman menyatakan bahwa, pemohon paslon JTP-Frends tidak memiliki kedudukan hukum dan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima. Demikian juga dalam amar putusan untuk perkara nomor 42 yang dimohonkan oleh paslon Chrismanto Lumbantobing- Hotman Hutasoit (TOMAN).

Majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan bahwa, permohonan pemohon melewati tenggang waktu pengajuan permohonan dan menyatakan bahwa permohonan pemohon tidak dapat diterima.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah, Ketua KPU Taput Rudolf Sirait juga membenarkan bahwa majelis hakim MK telah mengeluarkan putusan yang menyatakan menolak permohonan PHP Pilkada Taput yang dimohonkan oleh paslon Jonius Taripar Hutabarat dan Chrismanto Lumbantobing- Hotman Hutasoit.

“Ia benar permohonan PHP Pilkada Taput telah diputuskan ditolak oleh majelis hakim MK,” katanya.

Saat ditanyakan tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan KPU pasca keputusan MK tersebut, Rudolf mengatakan, pihaknya selanjutnya akan membahas dengan para komisioner untuk jadwal penetapan Bupati-Wakil Bupati Taput terpilih periode 2019-2024.

“Kapan jadwal penetapan Bupati-Wakil Bupati Taput terpilih belum dapat saya pastikan sekarang. Menunggu rapat pembahasan dengan para komisioner,”ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Taput, KPU setempat telah menetapkan pasangan calon nomor urut satu Nikson Nababan-Sarlandy  dengan perolehan  suara  69.357. Paslon nomor urut 2 JTP- Frends memperoleh suara sebanyak 61.046. Paslon nomor urut 3 Chrismanto- Hotman memperoleh suara sebanyak 20.010. Suara tidak sah sebanyak 2.781. Total suara sebanyak 153.212. (as/osi)

 

Loading...