Kalau Hujan Terus, Warga Diimbau Mengungsi dari Rumah

Bagikan:
Jalan longsor di Madina.

NewTapanuli.com, TAPTENG – Beberapa hari terakhir intensitas hujan meningkat. Warga Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) khususnya yang bermukim di sekitar bantaran sungai dan perbukitan, diminta tetap waspada.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng Marhite Rumapea menanggapi kerap datangnya hujan yang terjadi di wilayah kerjanya. Dimana beberapa hari lalu, akibat tingginya intensitas hujan, mengakibatkan banjir di beberapa titik.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Marhite meminta agar warga tetap memantau kondisi sekitar saat hujan turun.

“Yang tinggal di lereng gunung agar waspada, kalau sudah hujan terus-menerus, tolong ditinggalkan rumahnya, pergi ke tempat yang lebih aman,” ucap Marhite saat dihubungi New Tapanuli, Rabu (7/11).

Hal senada juga disampaikan Marhite terhadap warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai agar tetap waspada saat hujan deras turun. “Yang tinggal dekat sungai supaya waspada,” katanya.

Selain itu, Marhite juga meminta kepada masyarakat agar memerhatikan saluran drainase yang ada di lingkungan warga, dan kiranya dapat dibersihkan sehingga tidak terjadi penyumbatan yang mengakibatkan banjir.

“Tolong membersihkan parit atau gorong-gorong dekat rumahnya, karena penyebab banjir akibat tersumbatnya saluran,” imbuhnya.

Sementara itu, BMKG Stasiun Meteorologi Klas III Ferdinan Lumbantobing menyebutkan, kondisi cuaca umumnya cerah berawan – hujan ringan hingga sedang pada sore dan menjelang pagi hari.

“Suhu udara berkisar antara 20 -32?C. Kelembaban udara berkisar antara 70 persen-95 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Barat dengan kecepatan berkisar antara 05-25 knot,” sebut Forecaster On Duty BMKG Stasiun Meteorologi Klas III Ferdinan Lumbantobing, Dewi Anastia Sidauruk dalam keterangan tertulisnya.

Untuk kondisi di perairan, potensi gelombang tinggi lebih dari dua meter.

“Gelombang dengan ketinggian dari 1,5 meter hingga 3 meter dapat terjadi di Perairan Kepulauan Nias Tapanuli Tengah/Sibolga dan Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias. Angin di atas perairan pada umumnya bertiup dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 2-15 knot,” katanya. (dh/nt)

Bagikan:
Loading...