Siap-siap, 27 Februari Perekrutan KPPS

Bagikan:
Feri Yosha Nasution. (Dzulfadli Tambunan/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TAPTENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) akan membuka pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu Serentak tahun 2019.

Tahapan perekrutan calon anggota KPPS akan dilaksanakan dari tanggal 27 Februari hingga 28 Maret 2019. Sebanyak 6.640 anggota KPPS akan direkrut untuk bertugas di 920 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Komisioner KPUD Tapteng Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Feri Yosha Nasution mengatakan, masyarakat yang berminat menjadi anggota KPPS harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan KPU Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Beberapa persyaratan harus dipenuhi calon anggota KPPS, di antaranya tercatat sebagai warga negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus tahun 1945.

Calon anggota KPPS juga diwajibkan memiliki integritas pribadi yang jujur dan adil serta tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. Disamping itu, calon anggota KPPS juga harus berdomisili dalam wilayah kerja KPPS. Anggota KPPS juga harus mampu secara jasmani rohani.

Untuk syarat pendidikan paling rendah sekolah lanjut tingkat atas (SLTA) atau sederajat. Namun apabila persyaratan pendidikan paling rendah atau sederajat tidak dapat dipenuhi, dapat diisi oleh orang yang mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam membaca menulis dan berhitung.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi penyelenggara Pemilu dipersilahkan untuk mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan,” ujar Feri, Kamis (21/2).

Untuk memenuhi jumlah KPPS yang begitu banyak, mantan Ketua Panwaslih Tapteng ini tidak menampik jika hal itu menjadi satu tantangan. Dengan tidak sedikitnya warga masyarakat yang mungkin akan menjadi tim pemenangan caleg atau peserta Pemilu 2019, serta masih minimnya potensi calon yang memenuhi syarat, pihaknya akan berupaya keras mengedukasi dan mengidentifikasi masyarakat yang siap berpartisipasi menjadi penyelenggara Pemilu 2019.

“Perekrutan KPPS akan dibuka 28 Februari 2019 di tiga tempat pendaftaran. Pendaftaran bisa melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), atau langsung mendaftar ke KPU,” jelasnya. (ztm/nt)

Bagikan:
Loading...