Waspada Hujan Disertai Angin Kencang

Bagikan:

NewTapanuli.com, TAPTENG – BMKG Stasiun Meteorologi Klas III Ferdinan Lumbantobing, Pinangsori, Kabupaten Tapteng mengimbau warga agar waspada terhadap cuaca yang kurang bersahabat. Pasalnya, sesuai prakiraan cuaca pihaknya, pada Rabu (6/2) diperkirakan akan berpotensi hujan disertai angin kencang dan guntur.

“Perlu diwaspadai hujan disertai angin kencang dan guntur yang dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor,”sebut Forecaster On Duty BMKG Stasiun Meteorologi Klas III Ferdinan Lumbantobing, Dewi Anastia Sidauruk dalam keterangan tertulisnya.

Dijelaskan, Kondisi cuaca umumnya cerah berawan sampai hujan ringan hingga sedang pada sore dan menjelang pagi hari.

“Suhu udara berkisar antara 21 -32?C. Kelembaban udara berkisar antara 70-95%. Angin umumnya bertiup dari arah Barat dengan kecepatan berkisar antara 05 – 15 knot,”katanya.

Dewi juga menyebutkan, hal yang sama juga perlu diwaspadai di wilayah perairan. Potensi gelombang terjadi di wilayah Perairan Kepulauan Nias-Sibolga dengan ketinggian antara 0,5 meter hingga 1,25 meter.

“Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat dengan kecepatan angin 04 – 15 knots,”ucapnya.

Sementara, di wilayah Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias, gelombang dengan ketinggian 1,5 hingga 2 meter berpotensi terjadi.

“Angin bertiup dari arah Barat – Barat Laut dengan kecepatan angin 04 – 12 knots. Catatan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang yang tertera diatas,”tuturnya.(dh/nt)

Bagikan:
Loading...