Polres Tapteng Usut Hoax Tsunami

Bagikan:
Kapolres Tapteng AKBP Sukamat (Darwis Halawa/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, Tapteng – Kapolres Tapteng AKBP Sukamat menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti berita hoaks soal tsunami yang sempat membuat panik warga.

“Iya nanti akan ditindaklanjuti apabila membuat keresahan masyarakat, akan ditindaklanjuti oleh kepolisian secara profesional,” ujar AKBP Sukamat kepada wartawan, Kamis (10/1).

Dia menyebutkan, setelah mendapat adanya informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan kroscek. “Setelah dikroscek tadi malam memang tidak ada informasi tentang tsunami, memang keterlanjuran masyarakat dan informasi yang tersebar, sehingga mereka meyakini untuk itu terjadi,” ucapnya.

“Jadi kita harus bijak pada informasi yang benar, dan bidang yang berhak mengeluarkan informasi itu dari BMKG,” tambahnya.

Untuk itu, AKBP Sukamat meminta kepada masyarakat Kabupaten Tapteng untuk bijak dalam mengkonsumsi informasi dan meyakini informasi hanya dari pihak yang berwenang.

“Di lain kesempatan kita akan memberikan suatu pembinaan, bimbingan kepada masyarakat, bahwa kejadian-kejadian seperti itu atau apapun kejadiannya, informasi itu harus dari pihak atau instansi yang berwenang,” imbuhnya.

Dan untuk penanganan saat ini, AKBP Sukamat menuturkan bahwa pihaknya telah memberikan pencerahan bahwa isu tsunami itu adalah berita hoaks.

“Binmas bersama Polsek sudah turun, sehingga memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait isu-isu hoaks, sehingga masyarakat menjadi jeli dan pintar mencerna dalam menerima informasi yang ada,” tutupnya. (dh/nt)

SIMAK VIDEONYA:

Bagikan:
Loading...