Perayaan Malam Natal di Sorkam Gelap Gulita

Bagikan:
Kondisi perayaan malam Natal tanpa penerangan listrik. (IST/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TAPTENG – Perayaan Malam Natal, Minggu (24/12/18), di Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), berlangsung dalam kegelapan. Sebab, sejak pukul 20.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB, listrik padam.

Padahal jauh sebelumnya, Manajer PLN UP3 Sibolga, Poltak Samosir, memastikan tidak akan dilakukan pemadaman listrik selama perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Janji tinggal janji, pernyataan Manajer PLN UP3 Sibolga hanyalah sebatas gurauan Minggu siang yang menggelitikkan hati. Pendeta dan jemaat terpaksa mengandalkan nyala lilin untuk merayakan malam Natal. Khidmatnya perayaan tersebut terganggu oleh ulah petugas PLN yang tidak profesional.

Tak pelak, sejumlah warga mengecam kinerja PLN yang tidak bisa menjamin pelayanan yang baik saat kegiatan keagamaan tersebut. Tidak ada dugaan bahwa listrik padam saat malam Natal, membuat warga kecewa.

Hadamean Tumanggor, Pengurus Gereja Katolik Stasi Tarutung Bolak, melalui akun facebook miliknya mengungkapkan rasa kekecewaannya.

“Segera evaluasi, karena sebagai konsumen saya kecewa dengan pelayanan PLN Sorkam. Listrik padam sepanjang perayaan suci malam Natal. Cuaca sangat baik, tidak ada hujan dan badai. Sementara Malam ini sangat berarti bagi kami umat kristiani yang merayakan Natal,” cuit Hadamean.

Terpisah, pemegang mandat Ikatan Sarjana Katolik Kabupaten Tapanuli Tengah, Markus Manalu, mengecam keras kinerja PLN Cabang Sibolga yang tidak profesional. PLN Cabang Sibolga telah menciderai perasaan umat kristiani karena tidak benar-benar melaksanakan tugas sebagaimana yang telah dijanjikan sebelumnya.

“Melihat foto yang dikirim melalui akun facebook, saya lihat sudah seperti jaman dulu, yang ada hanya lilin. Perlu dilakukan peningkatan kerja, jika tidak maka harus di evaluasi, agar kejadian ini tidak terulang lagi,” ujar Markus, Rabu (26/12).

Sementara itu, Manager PLN UP3 Cabang Sibolga, Poltak Samosir, saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa sesuai keterangan anggotanya, jika padamnya listrik saat itu karena adanya kerusakan trafo.

“Trafo yang di atas tiang mengalami gangguan. Malam itu juga diupayakan penggantian trafo baru,” tukasnya. (ztm/osi/nt)

Bagikan:
Loading...