Natal Oikumene Tapteng, Perbedaan Agama Tak Menjadi Pembatas Kita Bersaudara

Bagikan:
Bupati dan Wakil Bupati Tapteng beserta Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Tapteng saat memasuki lokasi perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tapteng di Kecamatan Kolang. (Darwis Halawa/New Tapanuli)

NewTapanuli.com, TAPTENG – Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2018 merupakan sejarah baru di Tapteng. Pasalnya, perayaan Natal Oikumene kabupaten itu baru pertama kali dipusatkan di wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Kolang tepatnya di lapangan SMP Negeri 1 Kolang, Rabu (19/12).

Perayaan Natal yang mengangkat thema: ‘Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita’, dengan Sub Thema: ‘Dengan hikmat Tuhan, mari bersatu mensukseskan pembangunan di Tapanuli Tengah dan pemilihan umum tahun 2019 yang damai dan bermartabat’ itu, diawali dengan pawai dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapteng dimulai dari Pasar Onan (PO) Kolang menuju lapangan SMP Negeri 1 Kolang.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengatakan bahwa perbedaan agama di Kabupaten Tapteng tidaklah menjadi pembatas untuk menjalin persaudaraan sebagaimana yang telah berlangsung selama ini bahwa konflik isu SARA tidak pernah terjadi di wilayah yang dipimpinnya itu.

“Perbedaan agama tidak menjadi pembatas kita bersaudara, tak ada alasan agama menjadi pembatas kita bersaudara, bersahabat untuk membangun Tapteng ini. Ini adalah suatu sejarah Natal Oikumene kabupaten di buat di Kecamatan Kolang. Di daerah lain bisa terjadi isu sara, kalo di Tapteng itu tidak mempan,” ucap Bakhtiar.

Pada kesempatan itu, Bakhtiar juga menuturkan, bahwa di sela-sela perayaan Natal itu akan memberikan bantuan kepada 750 KK khusus Kecamatan Kolang.

“Di kecamatan lain sudah, bantuan ini bersumber dari tali kasih ASN yang beragama nasrani dan bantuan pribadi saya dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah dan setiap tahun kita rencanakan akan galang bantuan untuk kita berikan kepada masyarakat yang kurang mampu,” katanya.

Di akhir sambutannya, Bakhtiar menyampaikan selamat Natal dan Tahun baru bagi warga yang hadir, dan berharap Tahun 2019 nanti akan lebih baik lagi.

“Saudara-saudaraku, selamat Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2019. Semoga Natal kali ini membuat kita semakin dekat dengan Tuhan dan meningkatkan keimanan kita. Semoga kasih Tuhan selalu beserta kita dan tahun 2019 jauh lebih baik lagi,” ucapnya.

Pantauan, dalam kegiatan perayaan Natal itu dilaksanakan pemberian bantuan kepada siswa-siswi yang berprestasi sebanyak 100 orang, berupa talikasih dari Pemerintah Tapanuli Tengah yang diberikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Turut hadir pada acara Natal Oikumene Kabupaten Tapteng tahun 2018 itu, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Wakil Ketua TP PKK Tapteng Ny Juli Darwin Sitompul, Wakil Wali Kota Sibolga Forkopimda Tapteng, DPRD Tapteng, OPD Tapteng, Ketua BKAG Tapteng, para pendeta dan pastor, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Ketua KNPI Tapteng Rahmansyah Sibarani, camat se-Tapteng, kepala desa se-Tapteng, para ASN, serta ribuan warga yang dihibur oleh artis Erik Sihotang dan Putri Silitonga. (dh/nt)

Bagikan:
Loading...