Bahaya Narkoba Incar Pelajar di Tapteng

Darwis Halawa/New Tapanuli
Para pelajar saat mengikuti kegiatan sosialisasi bahaya narkoba.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPTENG – Mengingat bahaya Narkoba mulai merongrong kalangan pelajar, Bhabinkamtibnas Polsek Pandan bersama Polres Tapteng gelar sosialisasi bahaya Narkoba di sekolah guna menjauhkan dan menyelamatkan generasi bangsa.

Kanit Dikyasa Iptu TP Manullang yang didampingi KBO Binmas Polres Tapteng Ipda Bona Siregar yang melangsungkan sosialisasi bahaya narkoba di SMP Swasta Oikumene Ekasatria, Sarudik, Kecamatan Sarudik, Tapteng, Rabu (8/8). Iptu TP Manullang mengatakan, peredaran narkoba sudah sangat memprihatinkan di kalangan pelajar.

“Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari,” ujarnya.

Ia menuturkan, generasi muda yang merupakan penerus bangsa ini kelak semakin rawan dijadikan sasaran empuk dengan zat-zat adiktif penghancur saraf, untuk itu haruslah dilakukan berbagai langkah pencegahan.

“Generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur saraf. Sehingga pemuda tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja,” katanya.

Dijelaskannya, sosialisasi bahaya narkoba itu rutin dilaksanakan pihaknya, dan seluruh Bhabinkamtibmas. Hal itu bertujuan untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan pendidikan terutama pelajar yang rentan menjadi sasaran peredaran narkoba.

“Kami memberikan gambaran dan pengetahuan tentang bahaya narkoba kepada pelajar agar mereka tidak mudah tergoda untuk masuk dalam lingkaran narkoba, karena apabila sudah terlibat akan sulit untuk keluar dari hal tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, peredaran narkoba tidak hanya beredar di kota-kota, namun peredaran narkoba juga sudah sampai ke tingkat kampung. Narkoba yang biasanya beredar di kalangan menengah ke atas kini merambat hingga ke kalangan menengah ke bawah.

Untuk itu, dengan kegiatan sosialisasi dan imbauan yang dilakukan itu pihaknya berupaya melakukan pencegahan secara dini.

“Saya berharap kepada generasi muda agar menjaga diri dari bahaya narkoba karena masa depan bangsa ini ada di tangan generasi muda. Dan untuk para orangtua marilah bersama-sama menjaga anak kita dari bahaya peredaran narkoba,” harapnya. (dh/rah/nt)

Loading...