PPS se-Kecamatan Sibabangun Ikuti Bimtek 

Zatam/ New Tapanuli 
Kegiatan bimtek pemungutan dan penghitungan suara di aula pertemuan Kecamatan Sibabangun.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPTENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melaksanakan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara kepada 21 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan Sibabangun, Senin (11/6).

Kegiatan itu diawali dengan pendalaman Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. Dimana dalam PKPU itu, terkandung panduan teknis kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Dalam kegiatan itu, KPU Tapteng membentuk KPPS dimana keanggotaan KPPS, saksi dan Panwas TPS diambil dari peserta bimtek.

Saat membuka kegiatan, Komisioner KPU Tapteng Divisi Hukum Azwar Sitompul SH yang di dampingi Komisioner KPU lainnya Safrun Nadir Simatupang mengatakan, bimtek merupakan bagian dari persiapan menghadapi Foto pemungutan dan penghitungan suara. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan administrasi dan prosedur proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur pada Pilkada serentak 2018.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan kita menghadapi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara pada tanggal 27 Juni mendatang,” katanya.

Diharapkan, dengan kegiatan tersebut dapat memperkecil permasalahan yang terjadi, hingga kemungkinan untuk melakukan pengulangan dapat terhindari. Baik itu saat pencoblosan maupun penghitungan. Sehingga proses tidak berlarut-larut dan pelaksanaan pesta demokrasi berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Azwar meminta PPS yang hadir untuk sungguh-sungguh menguasai teknis pemungutan dan penghitungan suara di TPS, karena kalau hal-hal teknis dikuasai dengan baik, maka pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kegiatan bimtek akan berkelanjutan sampai di tingkat KPPS. PPS yang hari ini mengikuti kegiaatan akan memberikan bimtek kepada KPPS di desa masing-masing,” pungkasnya.

Di samping diikuti anggota PPS, kegiatan bimtek juga dihadiri anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sibabangun yakni, Hotlan Pangabean, Luser Barasa, Ambat P Hutagalung, Muyasser Nasution dan Masdelima Manik, serta Komisioner Panwascam Sopyan Nasution. (ztm/rah/nt) 

Loading...