15 Menit, Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

Zatam/New Tapanuli
Kobaran api menghanguskan rumah Yusraini.
LINE it!

NewTapanuli.com, TAPTENG – Satu unit rumah semi permanen milik Yusriani (43), warga Lingkungan 6 Sukaramai, Kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), ludes terbakar, Sabtu (9/6) sekitar pukul 14.30 WIB.

Walau tidak ada korban jiwa, akibat peristiwa ini kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Indra (15), anak kandung Yusriani, saat ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi saat ia bersama Reza (4), cucu Yusraini, sedang menonton televisi di ruang tengah. Api yang di duga berasal dari korsleting arus pendek langsung menjalar dari arah kamar depan dan menghaguskan seisi rumah.

“Saya tidak tahu apa penyababnya, karena sebelum kejadian saya sedang menonton televisi. Saya tersentak karena merasa kepanasan dan melihat api sudah membakar kamar depan,” ujar Indra.

Mengetahui rumahnya terbakar, Indra langsung mengevakuasi keponakannya yang sedang bermain-main di dalam kamar, sembari menjerit meminta tolong. Cuaca terik panas dan dalam kondisi sepi dimana warga sedang melaksanakan aktivitasnya masing-masing, membuat kobaran api semakin membara. Hanya hitungan 15 menit, rumah kediaman wanita yang baru satu tahun ditinggal mati suaminya itu, rata dengan tanah. Semuanya ludes, kecuali pakaian dibadan,” lirih Indra.

Yusraini hanya dapat menatap puing-puing bekas kebakaran. Saat kejadian, Yusraini sedang bekerja di Kota Padang Sidempuan. Sementara dua putrinya Devi (17) dan Nisa (12) sedang berada diluar rumah. Kedua remaja ini tak henti-hentinya menangis.

Tidak hanya menghabiskan rumah Yusraini, satu rumah permanen milik Riyanto (47), yang bersebelahan dengan rumah Yusraini, sempat menjadi sasaran amukan sijago merah. Beruntung disaat yang tepat, tanki air “Tarisa Water” tiba dilokasi kebakaran dan langsung menjinakkan api yang menjilati rumah Riyanto.

Camat Sibabangun H Kadirun Hasibuan SPd, yang mengetahui peristiwa kebakaran langsung turun ketempat kejadian sembari memberikan bantuan. Didampingi Lurah Sibabangun Maslina, dan Kasi Trantib Agus Bangun Ritonga, Kadirun menyerahkan beberapa bantuan berupa beras, mie instan, telor dan gula kepada keluarga korban.

“Kita berharap keluarga korban sabar atas musibah ini. Yakinlah, Pemkab Tapteng akan memperhatikan masyarakatnya yang ditimpa musibah,” ucap Kadirun. (ztm/rah/nt) 

Loading...