Narkoba Sangat Berbahaya untuk Generasi Muda

Bagikan:
Komsos di Kolang dihadiri berbagai komponen masyarakat.

NewTapanuli.com, TAPTENG – Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari.

Sebab, pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih.

Penegasan ini disampaikan Danramil 05/Kolang Lettu Chb ME Lubis saat membuka Komunikasi Sosial (Kosmos), Rabu (9/5) di Kantor Koramil Kolang yang dihadiri mewakili Kapolsek Kolang, Camat Kolang Saut Bona Situmeang, Camat Tapian Nauli Rinaldi Siregar, Camat Sitahuis Dharma L Tobing, para kepala desa se Kecamatan Sitahuis Tapian Nauli, dan Kolang, pimpinan perusahaan, tokoh agama, tokoh masyarakat se kecamatan Sitahuis Tapian Nauli.

Kegiatan tersebut membahas tentang penyalahgunaan narkoba terutama untuk generasi muda, masalah tanah, netralitas TNI dan isu-isu Sara dengan tema kosmos Bersama Rakyat mewujudkan NKRI Berdaulat dan Sejahtera.

Lebih lanjut dikatakan Danramil, akibat dari penyalahgunaan narkoba, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja.

Kalau dirata- ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 tahun sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar anak anak dimana saja dan kapan saja.

Adapun upaya-upaya yang lebih kongkret yang dapat kita lakukan adalah melakukan kerjasama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin.

Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang. Pihak sekolah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya, karena biasanya penyebaran (transaksi) narkoba sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah.

Yang tak kalah penting adalah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun, akhirnya mereka jalani.

Oleh sebab itu, mulai saat ini, kita selaku pendidik, pengajar, dan sebagai orang tua, harus sigap dan waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kita sendiri. Dengan berbagai upaya tersebut di atas, mari kita jaga dan awasi anak didik kita, dari bahaya narkoba tersebut, sehingga harapan kita untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik.

Usai penjelasan dari Danramil, dilanjutkan dengan penjelasan dari Camat Kolang Saut Bona Situmeang, penjelasan Mewakili Kapolsek Kolang, serta Penjelasan mewakili Tokoh Masyarakat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, saran dan penjelasan serta diakhiri dengan pemberian hadiah lucky draw berupa kaos kepada lima orang perwakilan peserta kosmos yang bertuliskan NKRI Koramil 05/Kolang. (mis/nt)

Bagikan:
Loading...