Anggota PPS Wilayah II Tapteng Dilantik

ZATAM
Prosesi pelantikan anggota PPS se wilayah II Kabupaten Tapanuli Tengah.
LINE it!

TAPTENGĀ – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Pelantikan yang dilaksanakan di aula pertemuan Kantor Kecamatan Pinangsori, Jum’at (9/3), meliputi PPS dari Kecamatan Lumut, Pinangsori, Badiri, Sukabangun dan Sibabangun.

Berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Tapanuli Tengah nomor 39/PP.05.1-Kpt/1201/KPU-Kab/II I/ 2018, sebanyak 105 anggota PPS yang akan bertugas di 38 Desa/Kelurahan tersebut, diambil sumpah dan janji oleh Komisioner KPU Azwar Sitompul SH.

Selesai pembacaan dan penandatanganan sumpah janji, Komisioner KPU Tapteng Divisi Hukum Azwar Sitompul SH menyampaikan, pelantikan anggota PPS adalah bagian dari pelaksanaan tahapan Pemilu 2019, sebagaimana yang dimaksud dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018, perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017.

“Pelantikan anggota PPS ini adalah bagian dari tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, sebagaimana yang dimaksud dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2018,” papar Azwar.

Sebagai perwakilan KPU di tingkat desa, Azwar menegaskan, PPS memikul tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Anggota PPS yang dilantik merupakan peserta yang telah lolos evaluasi. Ia mengaku percaya, anggota PPS yang dilantik akan menjalankan tugas sebagai penyelenggara dengan baik.

Lebih jauh disampaikan, untuk Pemilu legislatif sendiri sejumlah tahapan sudah dilaksanakan oleh KPU. Mulai dari pembentukan badan penyelenggara pemilu, pendaftaran partai politik (parpol) dan juga penetapan dan pengambilan nomor urut Parpol. Untuk berikutnya perekrutan panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih) .

“Tahapan-tahapan Pemilu sudah menunggu, termasuk tahapan pemutakhiran data pemilih. Saya harapkan kepada saudara-saudara anggota PPS dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta bisa menjalin komunikasi yang baik antar sesama anggota maupun dengan lingkungan,” hinbaunya, sembari mewarning para anggota PPS agar bekerja dengan jujur dan adil.

Pelantikan anggota PPS Pemilu 2019 yang diikuti rohaniawan pendamping ini, dihadiri Panitai Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitai Pengawas Kecamatan (Panwascam) se wilayah II Kabupaten Tapanuli Tengah, serta undangan lainnya. (ztm)

Loading...